tempat kursus online

Kelebihan Dan Kekurangan Kursus Online

Zaman canggih bikin hidup kita jadi serba diberi kemudahan, termasuk dalam hal belajar. Pilihan kursus pun semakin banyak, salah satunya adalah kursus online. Mungkin ada yang tertarik, tapi masih ragu-ragu. Yuk, simak kelebihan dan kekurangan kursus online.

Kelebihan

  • Waktu dan Tempat Fleksibel

Gak ada alasan buat bolos ikut les gara-gara cuaca buruk atau telat berangkat. Karena kursus online bisa kamu ikuti kapanpun dimanapun. Jadi  solusi buat yang malas karena gurunya ga asyik atau lagi menghindari teman satu kelas, eh.

  • Hemat Ongkos

Lumayan kan kalau pulang-pergi ikut les kamu biasa naik angkutan umum, dengan ikut kursus online uangnya bisa ditabung atau beli buku terbaru Pastelbooks.

  • Media Belajar yang Bervariatif

Jangan khawatir kamu gak akan mengerti materi pembelajaran di kursus online. Karena mereka sudah menyediakan beragam media seru yang bisa bikin kamu mengerti sampai jago. Penjelasannya juga detail banget. Tinggal disimak dengan serius. Enak kan bisa di-pause and play saat mulai jenuh atau butuh ke toilet dulu.

  • Biaya Relatif Lebih Rendah

Biaya kursus online bisa lebih rendah karena promo-promo. Selain itu mereka juga memangkas biaya gaji bulanan guru les, uang bangunan, dll. Jadi kamu bisa lebih gampang mengajukan proposal masuk kursus online ke orang tua.

Kekurangan

  • Sulit Mengatur Waktu

Nah ini khusus buat para siswa terlampau sibuk banyak kegiatan atau emang dasarnya rada malesan aja. Pulang ke rumah udah lelah dengan segala aktivitas akhirnya gak sempat buka-buka HP apalagi buka aplikasi kursus online. Kalau ikut kursus reguler kan kamu secara gak langsung dipaksa untuk datang ke tempat dan belajar.

  • Boros Kuota Internet

Buat para fakir internet ini cukup mengganggu sih. Gimana dong kalau sehari kuotanya dijatah kurang dari 1 GB? Sementara materi kursus online banyak yang dibahas pakai video. Belum butuh diunduh.

  • Waktu Screen Time Bertambah

Hal ini berpengaruh ke kesehatan, mata dan otak. Udah tahu dong ya kalau terlalu lama di depan layar itu akan mengganggu kesehatan kita.

So, dengan segala kekurangan dan kelebihannya kamu bisa berembuk sama orang tua mana yang paling baik dan nyaman buat kalian. Gak cuma buat kamu aja ya, tapi orang tua juga.

featured photo by unsplash