Kenalan dengan Sutradara Terbaik Indonesia

Film-film yang sudah kita tonton tentu adalah hasil kerja keras banyak orang. Salah satu profesi yang paling berpengaruh terhadap terciptanya film berkualitas adalah sutradara. Indonesia memiliki banyak sutradara unggulan untuk berbagai genre. Siapa saja mereka?

  • Joko Anwar
foto: magazine.job-like.com

Sutradara yang aktif mengunggah cuitannya di Twitter ini adalah salah satu sineas film Indonesia yang karyanya selalu ditunggu. Puluhan film yang tak hanya dia sutradarai, tapi juga tulis skenarionya berhasil mencuri perhatian penonton. Bahkan banyak yang sampai menerima pujian di kancah internasional seperti film Kala (2007) dan Pintu Terlarang (2009). Sutradara film Pengabdi Setan ini terbukti berhasil menjadi sutradara berbagai genre film; drama, komedi, horor, hingga thriller.

  • Riri Riza
foto: ANTARA/jabur karuru

Riri Riza menjadi salah satu sutradara yang difavoritkan kalangan muda. Riri berhasil mengangkat film Petualangan Sherina yang menjadi tonggak bangkitnya perfilman Indonesia di tahun 2000-an. Film arahannya selalu terasa dekat dan bisa menyentuh hati para penontonnya, tengok saja film Laskar Pelangi dan Untuk Rena. Di tangannya pula film Ada Apa Dengan Cinta 2 (2016) sukses kembali menghadirkan kisah Cinta-Rangga.

  • Mouly Surya
foto: pribadi/mauly surya

Nama Mouly Surya memang belum begitu akrab di telinga, tapi karyanya telah bergema di berbagai festival film dunia. Fiksi (2008), Yang Tidak Dibicarakan Ketika Membicarakan Cinta (2013), dan Marlina Pembunuh Dalam Tiga Babak (2017) adalah tiga film karyanya. Meski sejauh ini baru melahirkan 3 karya film, tapi ketiganya mendapat banyak penghargaan bergengsi.

  • Edwin
foto: keepo.me

Sebagai pendatang baru di dunia balik layar film Indonesia, hasil karya Edwin dapat diacungi jempol. Terbukti dengan film pendeknya yang berjudul Kara, Anak Sebatang Pohon menjadi film pendek pertama anak bangsa yang masuk nominasi Cannes Film Festival. Sedangkan film Posesif (2017) membawanya meraih gelar sutradara terbaik di Festival Film Indonesia.

  • Yandy Laurens
foto: beritagar.id/muhammad imaddudin siregar

Yang suka nonton web-series Indonesia di Youtube pasti sudah tak asing dengan sosok sutradara muda Yandy Laurens. Berkat tangan dinginnya Indonesia Itu Rumahku (2016), Sore (2017), dan Mengakhiri Cinta Dalam Tiga Episode (2018), menjadi web series yang banyak menuai pujian kawula muda. Hasil karya Yandy juga mendapat banyak penghargaan. Karya Yandy pun dapat dinikmati dalam film Keluarga Cemara (2019) dan projek Cerita Films.

Buat kamu yang hobi nonton atau nulis mungkin bisa terinspirasi dari mereka. Terbukti kan kalau anak muda Indonesia juga bisa membanggakan dalam soal film.

featured image source: unsplash