Ucapan yang Harus Dihindari Saat Temanmu Berduka

Saat teman kita tertimpa musibah seperti kehilangan orang tersayang atau mengalami kecelakaan, kita mungkin pernah merasa bingung saat ingin mengatakan sesuatu. Takut apa yang kita katakan malah menambah kesedihannya, tapi kalau hanya diam takut dibilang gak peduli. Wajar banget kok. Nah, biar gak tambah bingung hindari ucapan berikut:

  • “Apa yang kamu butuhkan?”

Pertanyaan semacam ini malah membuat orang yang sedang bersedih harus berpikir dan berujung tambah sedih. Karena merasa apa yang dia butuhkan sekarang tidak bisa dia dapatkan.

  • “Kamu masih beruntung …”

Ungkapan ini memberikan kesan kita sedang menggurui. Sehingga teman yang berkabung pun merasa kita kurang bisa berempati karena kesedihannya dianggap tidak ada apa-apanya dibanding kondisi orang lain.

  •  “Sabar ya”

Ucapan yang sering terlontar saat berbicara dengan orang yang terkena musibah. Tapi, kata-kata ini biasanya tidak berefek apa pun. Malah kita terkesan mengatakan hal yang menjengkelkan.

Terus Harus Gimana, Dong?

Meski niat kita baik, saat kondisi sedih pasti seseorang akan lebih sensitif dalam menerima segala ucapan yang diberikan. Daripada mengatakan “Semua akan baik-baik saja” atau “Semua yang terjadi pasti ada alasannya” lebih baik berusaha bersimpati dengan berkata “Aku ikut sedih, kamu pasti sakit banget, aku ada buat kamu. Kamu gak sendirian.”

photos source: unsplash.com