Marvel Vs DC Pertempuran Tiada Akhir

Tokoh superhero Marvel dan DC pasti sudah gak asing lagi di telinga. Cerita komik ini berkembang menjadi film yang selalu dinanti-nantikan para penggemarnya. Marvel dan DC pun punya fans yang lebih menggungulkan karakter yang satu dibanding yang lainnya. Nah, daripada ributin siapa yang terbaik antara Marvel vs DC lebih baik kita cari tahu perbandingan antara keduanya.

  • Awal Mula

Baik DC maupun Marvel muncul pertama kali sebelum perang dunia ke II. DC Comics di tahun 1934, sementara Marvel di tahun 1939. Saat Perang Dunia terjadi tentu sangat memengaruhi segala aspek kehidupan termasuk di dunia komik. Keduanya sama-sama mengangkat tema: war and humor yang mirip pada masa itu.

DC punya Superman dan Marvel punya Captain America sebagai superhero yang dapat memberikan pencerahan pada masa perang. Setelah perang usai, perubahan pun terjadi secara drastis di tahun 1960-an. Di DC lahir Silver dan Golden Age. Ada Stan Lee dan Jack Kirby sebagai penulis andalan Marvel.

  • Tema Karakter

Keduanya, DC dan Marvel memiliki tokoh yang selalu tampak tidak realistis karena mempunyai kekuatan super. Tapi, banyak yang mengatakan bahwa tokoh Marvel lebih terasa manusiawi dibanding DC. Sebab cerita-cerita DC berkisah tentang kekuatan Tuhan atau Dewa yang didapat begitu saja, seperti Superman dan Wonder Woman. Sementara tokoh Marvel mempunyai kekuatan yang bisa dijelaskan secara keilmuan. Seperti Iron Man dan Hulk.

Namun, tetap saja ada pengecualian pada masing-masing kubu. Di DC ada Batman yang merupakan bagian dari manusia dan menderita dengan masa lalunya. Dan di Marvel ada tokoh Thor sebagai anak dari Asgard.

  • Hadiah atau Kutukan

Secara garis besar tokoh-tokoh DC mempunyai kekuatan yang datang begitu saja dan tidak memiliki resiko terhadap kehidupan mereka. Sementara pihak Marvel, para tokohnya digambarkan harus berjuang saat mendapatkan kekuatan super. Seperti Spiderman yang hubungan asmaranya tidak berjalan mulus, Hulk dan X-Men yang menderita saat diri mereka harus berubah menjadi mutan.

Sebanyak apa pun perbandingan antara DC dan Marvel hal ini bukan untuk diperdebatkan. Mana yang lebih baik? Tentu tergantung selera.

Source: http://freeaddon.com/marvel-vs-dc-what-the-difference/