Pendidikan Sex? Kenapa Musti Risih?

Pergaulan remaja masa kini semakin mengkhawatirkan, banyak yang sudah terjerumus ke dalam perilaku seks bebas tak hanya sekali tapi berulang. Gak kebayang kan tetiba nemu bayi yang ditelantarkan orang tua kandungnya karena hasil hubungan pra nikah seperti kisah Brian dan Nabilla di novel Young Married? Oleh karena itu, penting buat kamu punya bekal pendidikan sex.

  1. Perbedaan Anatomi Tubuh Perempuan dan Laki-Laki

Hal yang paling mendasar dari pendidikan seks adalah mengenal anatomi tubuh baik perempuan maupun laki-laki. Berawal dari anatomi tubuh, kita akan mulai mengenal tubuh kita sendiri termasuk bagaimana ia berfungsi. Kita pun akan berusaha menjaga tubuh kita agar terhindar dari penyakit dan kejadian-kejadian yang belum mampu kita tanggung akibatnya.

  • Batasan Skinship

Batasan skinship ini akan berbeda-beda tergantung keyakinan, lingkungan, keluarga, juga pergaulan. Yang terpenting para remaja mengetahui sejauh mana batasan yang bisa dianggap sebagai sentuhan keluarga, teman, pacar, dan pasangan suami-istri.

  • Batasan dari Sisi Agama

Agama Islam jelas mengajarkan untuk menjaga pandangan kita terhadap lawan jenis apalagi mengenai sentuhan fisik. Jadi jika fondasi agama seseorang cukup kuat dia mampu menahan hawa nafsunya untuk tidak terjerumus ke dalam perilaku seks bebas.

  • Perubahan Tubuh Wanita dan Laki-Laki

Terjadi perubahan pada tubuh seseorang pada saat dia tumbuh remaja, tentu berbedan antara perempuan dan laki-laki. Penting untuk mengetahui secara rinci perubahan yang terjadi pada tubuh kita, agar kita bisa tetap menjaga kesehatan fisik juga psikis.

  • Pengaruh Budaya dan Masyarakat

Pendidikan sex pertama baiknya dikenalkan oleh lingkungan terdekat kita yaitu keluarga, kemudian sekolah dan lingkungan. Tapi, minimnya pendidikan sex di Indonesia menyebabkan hal-hal berbau sex dianggap tabu untuk didiskusikan. Dengan lingkungan yang mendukung untuk sama-sama menjaga terhadap perilaku sex bebas, hal tersebut dapat berdampak baik bagi perilaku remaja ke arah yang positif.

Saat lingkungan menjadi semakin acuh terhadap perilaku remajanya, gak akan heran kalau gak Cuma Nabilla dan Brian yang nemu bayi terlantar, tapi mungkin juga kamu. Yuk, belajar lagi tentang sex dengan cara dan dari sumber yang baik ya.