5 Tips Menulis Wattpad dari Katakokoh No. 3 Kok Sedih

Pembaca Wattpad pasti udah pada kenal dong sama Katakokoh, penulis seri Senior yang best seller itu loh. Gimana sih caranya bisa dibaca oleh jutaan orang di Wattpad? Apa rahasianya? Yuk simak tips menulis Wattpad bareng Katakokoh.

  • Inspirasi untuk Ide Cerita

Kokoh ini senang nonton drakor guys, dan itu salah satu tips buat kalian yang ingin menulis cerita Wattpad atau novel. Gak cuma tema romance, kalau kalian lebih senang tema yang lebih menantang seperti horor, hukum, kejahatan dan kriminal, atau keluarga, drakor juga punya banyak referensi tema-tema tersebut.

Kokoh juga mengaku bahwa novel karyanya merupakan hasil imajinasi yang diramu dengan pengalaman-pengalaman pribadi. Selain itu, kisah saudara, keluarga, film yang disukai juga dia jadikan sebagai ide untuk menulis cerita.

  • Menghidupkan Karakter

Bagian ini pasti cukup sulit untuk yang baru bahkan sudah sering menulis. Kokoh berbagi cerita bahwa dibutuhkan riset untuk dapat menghidupkan sebuah karakter. Seperti banyak baca buku, banyak observasi dari orang-orang sekitar, hal itu membantu kita memberikan banyak sisi cerita untuk satu karakter novel.

  • Motivasi Menulis di Wattpad

Meski sukses melahirkan karya best seller, Kokoh pun sempat merasa diremehkan sebagai penulis Wattpad. Karena Wattpad dilabeli sebagai wadah penulis kacangan yang minim pengetahuan literasinya. Nah biar semangat lagi, Kokoh selalu berusaha menyerap energi pembaca yang menyukai karyanya.

Fans Kokoh ini selalu setia memberikan apresiasi yang bikin mood kembali ceria. Jadi, buat kalian yang sedang terseok-seok dalam tulisan kalian, selalu ingat dan hanya fokus pada orang yang mendukung kalian.

  • Kreativitas Menulis Biar Gak Bikin Bosen

Setiap penulis pasti punya kekuatannya masing-masing, itulah yang musti kita gali sendiri. Kokoh menemukan ritme kerja kreatifnya dengan banyak membaca karya penulis lain baik itu novel maupun Wattpad. Dari apa yang dia baca jadi bisa terbayang dan terinspirasi ingin dibuat seperti apa ceritanya agar lebih seru dan tidak membosankan.

  • Pentingnya Premis

Kokoh mengaku membuat premis adalah hal penting yang gak pernah dia lewatkan. Tujuannya agar proses menulis lebih terarah dan disiplin. Target waktu pun bisa dengan mudah tercapai. Premis ala kokoh terdiri dari pertemuan-perkenalan-konflik-penyelesaian-ending.

Gimana sudah dapat pencerahan belum? Kalau ingin lebih lengkap cus simak langsung tips menulis dari Katakokoh di channel Youtube Pastelbooks.