Urban Legend Kisah Hantu Terseram dari Aceh Hingga Papua

Bosan dengan kisah hantu dari Pulau Jawa, kamu juga harus tahu kisah hantu pulau lain jika mengaku suka hal-hal berbau horor.

  • Hantu Ngeak (Sumatera Barat)

Hal yang melegenda di daerah Minang tidak hanya kulinernya, tapi juga kisah mistis. Salah satu yang terkenal adalah Hantu Ngeak, yang berasal dari kisah anak bayi yang dibunuh lalu dibuang oleh orang tua kandungnya. Ngeak sendiri berarti suara tangisan, konon orang akan mendengar suara tangisan bayi saat Hantu Ngeak ini muncul.

  • Burong Tujoh (Aceh)

Meski dijuluki sebagai kota Islami, Aceh masih menyimpan kisah-kisah mistis yang sarat dengan ilmu hitam. Seperti Burong Tujoh ini yang secara bahasa Aceh berarti Hantu Tujuh atau hantu yang berjumlah tujuh. Burong Tujoh disebut sebagai makhluk peliharaan dukun yang menggunakan jasa tujuh hantu ini untuk mengganggu manusia.

  • Hantu Banyu (Sumatera Selatan)

Hantu Banyu dipercaya warga sekitar sebagai hantu penunggu Sungai Musi di bawah Jembatan Ampera. Kisahnya cukup tragis, berawal dari seorang putri raja yang menolak dijodohkan dengan pangeran yang memiliki penyakit kulit. Pihak pangeran percaya bahwa sang putri dapat menyembuhkan penyakit sang pangeran. Tapi, karena sang putri tidak tahan dengan penyakit tersebut dia pun menerjunkan diri ke Sungai Musi hingga meninggal.

  • Anak Sima (Kalimantan Selatan)

Kisah mistis ini berasal dari suku Banjar, Kalimantan Selatan, tentang anak manusia hasil hubungan gelap yang dibuang ibunya di tengah hutan. Anak ini yang kemudian dinamai Anak Sima dirawat oleh Siluman Takau yang dipercaya sebagai sosok astral terkuat di Banjar. Siluman Takau sangat menyayangi Anak Sima sampai mewariskan suatu kekuatan kepada Anak Sima. Anak Sima tumbuh menjadi makhluk setengah manusia, sosok jadi-jadian yang gemar memakan jantung manusia.

  • Suanggi (Papua)

Legenda hantu Suanggi menyebar di kalangan masyarakat Papua dalam keheningan, karena tak ada yang berani membicarakan hantu ini. Kabarnya siapa pun yang menyebut nama Suanggi dia akan datang menghantui orang itu. Suanggi dipercaya memiliki kekuatan mematikan dengan berbagai rupa mulai dari bola api hingga wajah wanita menyeramkan.

Kisah para hantu tersebut itu masih diyakini kebenerannya oleh sebagian orang, bahkan ada yang sampai kena fitnah hingga meninggal akibat memercayai kekuatan ghaib Burong Tujoh. Ngeri ya Guys!