5 Barang yang Wajib Kamu Punya untuk Kurangi Sampah

Sampah plastik sudah lama menjadi masalah serius tidak hanya di Indonesia, tapi juga dunia. Karena sifatnya yang butuh ratusan tahun untuk diurai, timbunan sampah plastik dapat menyebabkan masalah bagi manusia, binatang, dan alam secara keseluruhan.

Sekarang di medsos lagi ngehits akun-akun jualan barang-barang bertema less waste. Udah gak asing dong sama istilah itu? Less waste atau zero waste adalah jargon yang dipakai untuk kampanye cinta lingkungan. Jadi kalau kalian ngaku sayang sama Bumi, wajib punya barang-barang berikut:

  1. Portable Cutlery

Itu loh set alat makan sendok, garpu, plus pisau yang bisa dilipat biar gampang dibawa kemana-mana. Jadi, kalau kalian makan di luar udah gak perlu pakai sendok plastik.  Begitupun kalau pesen makan lewat aplikasi jangan lupa buat kasih note untuk gak usah pakai alat makan plastik dari lapaknya

  • Sedotan Stainless

Nah ini juga lagi jadi primadona buat pecinta lingkungan. Sedotan plastik itu kecil-kecil tapi bisa bikin sampah yang menggunung loh. Karena yang make jutaan orang, jadi kenapa nggak kita mulai mengurangi sampah terkecil yang kita hasilkan seperti sedotan plastik. Saatnya bilang tidak untuk sedotan plastik.

  • Tas Belanja

Oh ini sih pasti udah pada punya dong. Tiap ke supermarket pasti ditodong dulu sama kasirnya, “Bawa kantong belanja?” nah udah pasti enak dan tenang kalo kemana-mana bawa tas belanja sendiri. Jadi gak pesta kresek pas sampe rumah.

  • Reusable Cotton Pad

Oh ini levelnya udah meningkat. Apa sih tu? Kapas yang bisa dipake berulang-ulang. Biasanya cewek-cewek kalau skin care-an kan pasti butuh kapas ya … nah daripada pake kapas yang sekali pakai mending pakai reusable cotton pad ini. Karena setelah dipakai bisa dicuci dan dipakai berulang-ulang. Lebih hemat juga kan.

  • Sikat Gigi Bambu

Dengan mengganti sikat gigi plastik kita dengan sikat gigi bambu maka kita turut andil dalam kegiatan pelestarian alam. Karena bambu merupakan bahan yang ramah lingkungan dibanding plastik. Selain mudah terurai karena organik, bambu juga salah satu jenis tumbuhan yang dapat tumbuh dengan cepat.

So guys, mari mulai dari hal kecil kita berusaha memakai produk-produk yang ramah lingkungan.