5 Tipe Kecemasan yang Perlu Kamu Waspadai

Di seri Fantasteen berjudul Charlie is Back, Fransisca Intan menggambarkan seorang tokoh yang mengidap anxiety disorder. Buat kamu yang penasaran tentang penyakit gangguan kecemasan ini, yuk cari tahu 10 tipe kecemasan berikut, ada yang kamu rasakan gak?

  • Agoraphobia

Seseorang dengan kelainan ini, mengalami ketakutan saat menggunakan transportasi publik, berada di ruang terbuka maupun tertutup, berdiri di dalam garis, berada di keramaian atau saat di luar rumah sendirian. Biasanya orang ini akan terus menghindari situasi-situasi tersebut, berusaha menahan perasaannya yang sangat tertekan atau hanya bisa pergi dengan orang lain.

  • Body Focused Repetitive Behaviours

Kelainan ini mengakibatkan seseorang mempunyai serangkaian kebiasaan aneh, seperti: menarik rambut, mencubit kulit, menggigit kuku, bibir, atau bagian dalam pipi, hingga mengupil. Kebiasaan ini dilakukan berulang-ulang sampai terlihat kerusakan pada tubuh. Kayak rambut jadi tipis, kulit terpotek-potek, ngeri deh.

  • Generalized Anxiety Disorder

Timbulnya perasaan berlebihan dan tak terkendali akan kejadian sehari-hari. Kecemasan akan hal-hal yang tak bisa kita kendalikan seperti masa depan, bahkan hal-hal kecil, atau cemas berlebih saat orang tersayang sakit, sampai ketakutan akan bencana alam.

  • Obsessive-Compulsive Disorder

Yang ini udah pada sering denger dong, disingkat OCD. Saat seseorang mulai terobsesi dan memaksa melakukan sesuatu berulang-ulang agar bisa mengurangi perasaan cemasnya. Misal nih, takut kuman sampe berkali-kali cuci tangan, ngecek rumah sebelum pergi sampe lebih dari 5x, atau rutinitas yang behubungan dengan mental kayak menghitung mundur dari 100.

  • Panic Disorder

Mengalami serangan panik yang tak terduga dan berulang-ulang. Diikuti setidaknya 1 bulan cemas akan serangan panik tambahan. Mereka juga takut sesuatu yang buruk terjadi setelah terserang rasa cemas, seperti menjadi gila, tak terkendali atau merasa sekarat.

Nah, gimana? Kalau merasa ada yang aneh sama diri kamu kayak karakter Sofia di seri Fantasteen Charlie is Back, mending langsung aja dateng ke profesional yang khusus mendalami kesehatan mental, biar gak galau dan bisa dicari solusinya.

Sumber: https://www.anxietycanada.com/adults/anxiety-related-disorders