Tips Menata Bukumu Agar Lebih Terlihat Rapih dan Menarik

Setelah membaca buku, biasanya kita akan menaruh dan menyusun buku tersebut dengan seadanya di lemari. Lalu tanpa kita sadari, buku-buku itu pun menumpuk dan tersusun tidak beraturan. Tentunya kondisi tersebut menjadi pemandangan yang kurang mengenakan ya. Belum lagi kalau kita lupa meletakkan buku kesayangan kita diantara tumpukan itu, duh pasti malah jadi kesal ya girls.

Nah, sebenarnya ada beberapa cara nih bagaimana menata buku di rumah agar tampak rapih dan menarik. Mau tau caranya? Simak tips berikut ya :

  1. The Dip

Dengan cara ini kamu bisa mulai menata buku-bukumu dari ukuran yang paling tinggi ke ukuran yang paling rendah. Letakan buku-buku tinggi pada dua sisi kanan dan kiri lalu lanjutkan dengan meletakkan buku dengan ukuran rendah hingga menemui titik tengah. Nantinya pola ini akan menghasilkan penataan buku yang memiliki cekungan ditengahnya.

  • The Mountain

Kebalikan dari the dip, dengan cara ini kamu bisa mulai menata buku-bukumu dari ukuran yang paling rendah pada sisi kanan dan kiri menuju keukuran yang paling tinggi hingga menemui titik tengah. Nantinya pola ini akan menghasilkan penataan buku yang memiliki bentuk seperti gunung ditengah.

  • Big to Little

Hampir sama dengan the dip dan the convex yaitu menyusun buku dari ukuran besar ke ukuran kecil, namun bedanya adalah kamu perlu menyusun buku-bukumu dengan cara mengurutkan buku yang lebih tinggi pada sisi kanan ke buku yang lebih rendah pada sisi kiri. Sehingga pola penataan buku ini nantinya menghasilkan bentuk seperti turunan.

  • Bookends Book

Selain mengurutkan dari ukuran buku, pola menata buku selanjutnya yang bisa kamu coba adalah pola silang. Pola ini dapat dilakukan dengan cara menyusun buku lalu dilanjutkan dengan menumpuk buku. Pola menumpuk buku secara vertikal berfungsi untuk menyanggah buku-buku yang disusun berdiri secara horizontal setelahnya.

  • According to Color

Bila kamu memiliki beberapa buku yang berwarna serupa, maka kamu bisa menyusunnya berdasarkan urutan warna dari buku tersebut. Urutkanlah dari warna yang paling tua sampai dengan warna yang paling muda. Namun bila buku-bukumu memiliki warna yang berbeda, kamu bisa menyusunnya berdasarkan warna pelangi dari warna merah ke ungu, sehingga dapat menghasilkan warna yang menarik.

  • Mix with Some Accents

Untuk membuat tampilan berbeda, maka coba deh kombinasikan susunan buku-bukumu menggunakan cara diatas lalu letakkan hiasan-hiasan lucu seperti bingkai foto atau barang-barang lucu lainnya untuk membuat tampilan rak bukumu semakin menarik. Namun jika kamu tidak menginginkan banyak aksen sebagai hiasan, kamu bisa menggunakan pembatas buku warna warni sebagai pemanis rak bukumu.

  • Make It Into a House Decoration

Jika kamu tidak memiliki ruang lagi di lemari untuk menyimpan buku-bukumu, tidak perlu khawatir. Kamu bisa coba untuk membuatnya menjadi dekorasi rumah. Caranya mudah, hanya dengan tumpuk buku-bukumu dengan ukuran yang sama secara zigzag sehingga menghasilkan bentuk seperti tangga. Lalu letakan lampu hias diatasnya. Maka dekorasi rumahmu pu tidak lagi terlihat membosankan.

Nah, itu dia beberapa cara untuk menata buku-bukumu. Gimana? Mudah bukan? Selain membuat tampilan rak bukumu rapih, cara-cara tersebut juga akan membuat buku-bukumu terlihat menarik dan tidak membosankan loh. Jadi selamat mencoba ya!