Tak Hanya Gaya-Gayaan, Ngopi Bisa Bikin Kamu Rileks, Lho!

Sibuknya rutinitas sehari-hari dan banyaknya beban pekerjaan seringkali menjadi pemicu ketegangan yang dapat membuatmu stress. Tapi tidak usah khawatir, sekarang banyak cara kok untuk membuatmu lebih rileks tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi kopi.

Kebiasaan ngopi di Indonesia memang bukanlah hal baru. Kalau pada zaman dahulu, kopi dikenal sebagai minuman orang tua, tapi beda dengan sekarang. Menjamurnya coffeshop menjadi penanda bahwa kini untuk menikmati secangkir kopi tidak lagi terbatas pada usia dan gender. Baik anak muda maupun orang tua, baik perempuan maupun laki-laki, semuanya gemar menikmati kopi.

Kegemaran orang Indonesia dalam mengonsumsi kopi tidak terlepas dari beragam manfaat kesehatan yang dimilikinya, yakni salah satunya adalah efek relaksasi. Lalu sebenarnya apa sih yang membuat kopi bisa memberikan efek relaksasi?

Para peneliti beberapa tahun terakhir membuktikan, kalau ternyata senyawa kafein yang terdapat dalam kopi dapat membuat orang merasa bahagia setelah mengonsumsinya loh. Hal ini karena kafein bisa membantu menurunkan kegelisahan dengan membentuk hormon kortisol.

Hormon kortisol ini dapat berfungsi menurunkan kesensitifan tubuh terhadap insulin yang menjadi pengantar glukosa darah masuk ke jaringan tubuh. Penyerapan insulin pun kemudian terhambat  sehingga glukosa darah yang masuk ke jaringan otak akan menurun dan memberikan efek relaksasi.

Selanjutnya berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 1997, juga membuktikan dengan mengonsumsi 100 mg kafein dalam kopi akan menurunkan tingkat kecemasan dalam waktu 30 menit saja loh. Hal ini karena kafein bisa memasok energi untuk digunakannya sepanjang hari dan bisa meningkatkan motivasi untuk melakukan hal-hal produktif.

Tidak hanya kandungan kafein yang bermanfaat bagi tubuh, sebuah penelitian di Journal of Agricultural and Food Chemistry juga menunjukkan bahwa salah satu bebauan yang punya efek reklaksasi adalah bau panggangan biji kopi loh. Makanya saat kita menghirup aroma dari secangkir kopi, kita pun sudah merasa rileks

Tapi meskipun kopi memiliki banyak manfaat untuk relaksasi, dalam mengonsumsinya juga tidak boleh terlalu banyak ya. Cukup konsumsi 2-3 cangkir kopi setiap hari untuk mendapatkan manfaat dari kopi. Karena berdasarkan sebuah studi terbitan Mayo Clinic Proceedings, mengonsumsi kopi lebih dari 28 cangkir per minggu memiliki peningkatan risiko terhadap kematian dari semua penyebab (masalah jantung, tekanan darah tinggi, dan lainnya) sebanyak 56 persen loh.

So, mengosumsi kopi ketika kamu merasa penat dengan rutinitasmu itu baik, karena kamu akan mendapatkan efek relaksasi ketika meminumnya. Tapi agar tetap sehat, jangan minum terllau banyak dan usahakan less sugar yaa!