Jangan Seperti Keano dan Kara, Hindari Baper dengan Cara Berikut

Zona pertemanan atau friend zone terkadang menjadi hal yang menjengkelkan bagi sebagian orang. Khususnya yang berlawanan jenis.

Zona pertemanan bisa terjadi ketika adanya suatu pendekatan kepada seseorang untuk menjadikannya pasangan. Alih-alih jadian, salah satu dari mereka malah nyaman dengan status gebetan atau malah segan untuk menolak. Bisa jadi, tidak berani mengungkapkan.

Apakah kamu pernah mengalaminya? Atau pendekatanmu selalu berujung zona pertemanan?

Satu kasus yang tertimpa friend zone adalah dua tokoh dalam novel Tinkerbell, Keano dan Kara. Mereka saling menyukai, tapi tidak berani mengungkapkan. Bahkan keduanya memiliki pacar.

Menyebalkan, bukan?

Nah untuk itu, agar kamu tidak terjebak mulu dalam friend zone, ada beberapa trik yang bisa dilakukan berdasarkan berbagai sumber.

  1. Segera Ungkapkan

Melansir laman psychologytoday.com, seseorang bisa berakhir dengan zona pertemanan adalah karena takut mengungkapkan. Pasif, hanya menunggu.

Mendekati seseorang dengan menjadikannya teman terlebih dahulu memang sangatlah mudah. Hanya saja, seringkali sulit mengungkapkan ke tahap selanjutnya karena takut. Tak sedikit lho yang takut akan ditolak.

Untuk itu, kalau kamu dalam situasi ini, jujur saja. Ungkapkan semuanya. Biarkan dia tahu. Masalah jawabannya, itu urusan nanti. Iya, kan?

  • Menjadi Menarik

Alasan kita hanya menjadi teman saja, adalah tidak menarik atau tidak seperti yang diinginkan. Kamu hanya membuat perasaannya nyaman saja, bukan menciptakan ketertarikan.

Perlu kamu tahu, ya, menurut buku Why We Love karya Helen Fisher, ada tiga jenis cinta, yaitu nafsu, ketertarikan, dan keterikatan.

Kalau kamu ingin menjadi kekasihnya, ketiga jenis cinta ini harus dimiliki. Caranya, menjadilah menarik di depan dia. Namun jangan sampai hal itu mengubah diri kamu, ya!

  • Biasakan jangan Terlalu Berharap

Sumber lain dari zona pertemanan adalah harapan. Kamu terlalu berharap kepada seseorang. Padahal, semua butuh proses dan tentu saja tidak selalu berakhir sesuai rencana.

Untuk itu, turunkan kadar harapan kamu ketika proses pendekatan. Hanya saja, jangan terlihat tidak serius juga.

  • Berhenti Berusaha

Terakhir adalah berhenti berusaha, ketika kamu sudah melihat dia tidak serius. Tak sedikit lho yang memaksakan diri untuk terus membuktikan kepada seseorang, padahal jelas-jelas dia tidak merespon.

Berusahalah tegar dan tegas dalam memutuskannya.

Nah, dengan empat cara itulah kamu bisa terbebas dari zona pertemanan. Kalau semua tidak sesuai rencana dan pengharapan, kamu jangan lantas memutus hubungan dengan seseorang, ya!