Cara Kreatif Membuat Sampah Plastik Lebih Menarik

Daripada sampah plastik dibiarkan menumpuk, lebih baik mencoba membentuknya menjadi benda-benda yang cantik dan menarik saja yuk, guys.

Banyak referensi barang yang bisa kamu buat dari sampah plastik, lho. Mau tahu apa saja itu? Yuk, dicek!

  1. Tas

Tas yang dibuat bisa dalam berbagai macam model dan ukuran, lho. Tas dari sampah plastik ini salah satu kerajinan tangan yang cukup sering ditemui di pasaran. Hal itu karena bentuk yang dihasilkan dari sampah plastik ini sangat unik dan benar-benar mirip seperti tas. Kita bisa menggunakan plastik dari berbbagai bungkus minuman, lalu dijahit hingga berbentuk tas.

  • Dompet

Tidak enak rasanya jika pergi tidak membawa dompet. Nah, salah satu yang bisa kamu coba adalah membuat dompet dari daur ulang plastik. Sama seperti tas, kamu bisa mencoba berbagai bentuk model dompet yang lucu da cantik sesuai dengan seleramu.

  • Tempat pensil

Model dan ukuran tempat pensil bisa bermacam-macam. Kamu bisa gunakan plastik bungkus minuman atau botol air mineral untuk membuat tempat pensil. Kamu pun bisa membuat karakter tertentu pada tempat pensil yang berbahan dasar botol air mineral. Tempat pensil ini sangat cocok untuk adik, anak, atau keponakanmu.

  • Lampion

Kita pasti pernah melihat lampion yang terbuat dari botol plastik, terutama saat Hari Raya Kemerdekaan RI. Lampion yang dibuat pun bisa bermacam-macam, tapi pada umumnya untuk 17 Agustus lampion yang dibuat dengan cara menggunting sisi botol menjadi beberapa bagian kecil, lalu ditekan agar bisa menghasilkan bentuk mengembang.

  • Pot

Kamu bisa mengirit pengeluaran saat ingin menanam tanaman dengan membuat pot bunga dari sampah plastik. Selain mengurangi jumlah limbah plastik, kamu juga bisa mengkreasikan bentuk pot yang kamu inginkan.

  • Tempat spons cuci piring

Daripada membuang botol plastik, lebih baik kamu menggunakannya untuk menjadi tempat spos cuci piring.

  • Wadah aksesoris

Kamu bingung meletakkan aksesorismu? Apalagi aksesoris yang bentuknya kecil-kecil dan rawan hilang. Nah, salah satu caranya, kamu bisa mendaur ulang sampah plastik untuk menjadikan wadah aksesorismu.

  • Tempat alat make up

Kamu memiliki peralatan make up yang banyak, tapi tempat make up-mu tidak mencukupi? Tenang saja, kamu bisa memanfaatkan sampah plastik untuk dijadikan wadah peralatan make up-mu.

  • Celengan

Ingin melatih si kecil belajar menabung? Kamu bisa membuat celengan dari sampah plastik dengan bentuk yang lucu kok.

Gimana? Berminat untuk mendaur ulang sampah plastik di sekitarmu?