Novel Haunted Station: Membongkar Misteri Hilangnya Seorang Vlogger

Judul                           : Haunted Station

Penulis                        : Akbar Suganda

Editor                           : Rangga Saputra dan May May Masysarah

Penerbit                      : Dar! Mizan

Tahun Terbit              : Pertama, November 2018

Jumlah Halaman     : 180 halaman

ISBN                           :  978-602-420-704-5

Peresensi                     : Muhammad Rasyid Ridho, Pengajar Kelas Menulis SD Plus Al-Ishlah Bondowoso

            Berkembangnya teknologi pun membuat mata pencaharian lebih banyak lagi. Pun demikian, pekerjaan lama pun banyak ditinggalkan. Hari ini menyiarkan sebuah video, bisa tidak lagi membutuhkan tim seperti saat membuat film di rumah produksi, atau membuat acara on air sebuah stasiun televisi.

            Dengan berbekal kamera atau cukup gawai yang tersambung dengan internet sudah cukup untuk membuat video dan disiarkan tidak hanya satu negara, tetapi juga bisa seluruh dunia. Saat ini, profesi ini banyak dicoba dan diinginkan oleh banyak generasi milenial. Profesi ini disebut dengan vlogger.

            Maka, hari ini akan ada juga penulis yang membuat cerita dengan tokoh yang berprofesi sebagai vlogger. Namanya Yuriko, tengah malam dia membuat vlog di Stasiun Kisaragi. Nahas, ini kegiatan vlognya yang terakhir, setelah itu dia menghilang tanpa kabar.Tidak ada yang bisa menemukan dia, dia hilang secara misterius. Dia pun dinyatakan meninggal, kejadian ini telah tersebar ke seluruh Tokyo.

            Di Harian Yomiuri yang terbit di Tokyo, ada ulasan tentang hilangnya Yuriko Megami. Mereka mempertanyakan dan membuat para pembaca juga ikut bertanya, “Pembunuhan tersembunyi atau ulah makhluk gaib?” Karena memang di antara isu yang tersebar adalah youtuber cantik itu dibunuh oleh psikopat dan jasadnya disembunyikan. Sedangkan, menurut mereka yang percaya cerita mistis, mengatakan bahwa Yuriko dibawa oleh onryo atau hantu jahat (halaman 30).

            Berita tersebut tambah membuat Reiko Megami frustasi. Reiko adalah kakak Yuriko. Sebagai kakak, pasti dia sedih,  merindukan dan penasaran ke mana adiknya menghilang. Kemudian, ada seorang yang mengaku bernama Yumeko Kagami yang sangat ingin bertemu dengan Reiko. Reiko tidak kenal dan tidak pernah bertemu dengan Yumeko.

            Namun, karena Yumeko mendesak dan Reiko juga penasaran dengan apa yang akan Yumeko bahas, mereka pun bertemu. Ya, mereka akan membahas tentang adik Reiko, Yuriko. Yumeko adalah teman dekat Yuriko, dia adalah orang terakhir yang berkomunikasi dengan Reiko, sebelum Reiko dinyatakan menghilang (halaman 27).

            Yumeko mengaku bingung dan merasa bersalah baru mengatakan hal ini kepada Yuriko. Akhirnya, mau nggak mau dia harus menceritakan kepada seseorang, dan orang yang tepat menurutnya adalah Yuriko. Yumeko mengatakan bahwa pada saat Yumeko dipanggil menjadi saksi, dia menemukan kamera Reiko.

Saat itu, dia menyalin video di kamera Reiko. Sejak itu, bayangan Reiko selalu menghantuinya, Reiko pun datang melalui mimpi. Reiko selalu menerornya, dia sudah tidak kuat, sehingga harus curhat kepada Yuriko. Yuriko pun kasihan kepada Yumeko, semoga setelah curhatan itu, Yumeko tidak dihantui lagi.

            Sebenarnya Reiko dihantui oleh Yuriko juga, dia semakin penasaran dan semoga dia mendapatkan petunjuk untuk menemukan Yurio. Reiko mencoba mencari info di grup chat para pecinta misteri. Dari grup itu, dia pun mendapat info untuk menemui Rin Omimura. Rin Omimura mengatakan bahwa Yuriko masih hidup, tetapi jiwanya terus melemah karena dia dibelenggu oleh onryo yang jahat di suatu tempat (halaman 118).

            Ternyata mitos Stasiun Kisaragi benar adanya. Saat tengah malam, ada dimensi lain di sana. Ada banyak orang-orang tak dikenal dan satu kereta yang misterius datang. Reiko menceritakan kalau dia sudah ke sana, dan memang ada hal yang aneh, Rin pun mengatakan kalau Reiko tidak akan kuat untuk membantu Yuriko.

            Namun Reiko memaksa, akhirnya mereka pun bekerja sama. Mereka pun masuk ke kereta hantu yang datang saat tengah malam. Di sana mereka mendapatkan hal-hal aneh dan gaib. Ternyata mereka di sana pun bertemu dengan jiwa-jiwa yang diculik oleh onryo jahat. Semua meminta tolong kepada mereka berdua. Buku ini mengajarkan, bahwa bagaimana pun saudara harus ditolong dan dibantu, karena kalau bukan saudara sendiri, siapa lagi yang akan mengawali dalam membantu? Selamat membaca!