Bahaya Lipstik kalau Kamu Gunakan Terlalu Sering

Kamu sudah pakai lipstick hari ini? Biasanya sesering apa?

Mulai sekarang, kalau tidak perlu sama sekali, jangan terlalu sering memakainya, ya! Kenapa?

Penggunaan yang terlalu sering ternyata bisa membahayakan tubuh. Bahayanya, ketika lipstik terjilat atau masuk ke dalam tubuh saat makan.

Lipstik mengandung logam kadmium dan alumunium. Kedua logam itu akan menjadi racun jika bersentuhan dengan asam dan cairan lambung.

Meski banyak penelitian dan beberapa lembaga telah menspesifikasikan bahwa logam tersebut tidak bahaya, tetapi kalau penggunaan lipstik terus menerus sepanjang hari bisa memasukan racun sedikit demi sedikit.

Masih ragu?

Nah, sebuah penelitian yang dipublikasikan di Environmental Health Perspective, Dr. Katharine Hammond menyatakan, alumunium dan logam pada lipstik lebih tinggi konsentrasinya dibanding timah.

Artinya, kandungannya itu sangat berbahaya bagi tubuh jika terkonsumsi dalam jumlah besar. Para peneliti menyebutkan, banyaknya logam yang bisa dimakan seseorang sehari adalah 24 miligram.

Maka dari itu, meskipun berbagai Badan Pengawasan Obat dan Makanan di sejumlah negara mengatakan jumlah tersebut tidak berbahaya, namun jika sering termakan akan mengakibatkan hal yang menakutkan.

So, percantik diri boleh, ya sist, tapi jangan sampai merusak hidupmu.