Lima Buku Self Development yang Bikin Kamu Berkembang

Membaca buku tidak hanya menghibur dan memberi wawasan, tetapi beberapa di antaranya membuat kita menjadi pribadi yang berkembang.

Apakah kamu pernah membaca buku jenis self development? Nah, jenis-jenis buku inilah yang membuat kamu berpikir lebih positif.

Ada banyak sekali buku jenis tersebut. Tapi, kamu takperlu khawatir. Di bawah ini, ada lima buku self development yang bisa kamu baca.

1. BICARA ITU ADA SENINYA

Bicara Itu Ada Seninya merupakan karya pakar ilmu komunikasi ternama di Korea Selatan bernama Oh Su Hyang. Jika kamu ke toko buku, pasti menemukan buku ini di etalase buku best seller. Pernah melihatnya?

Dalam bukunya, Oh Su Hyang memberikan gambaran tentang bagaimana pentingnya menguasai rahasia komunikasi yang efektif. Ia juga memberi contoh beberapa tokoh yang sukses akan public speakingnya, seperti Oprah Winfrey dan Barack Obama.

2. SEBUAH SENI BERSIKAP BODO AMAT

Kamu sering membuang waktu karena mengkhawatirkan yang tidak penting? Buku Sebuah Seni Bersikap Bodo Amat sangat cocok untuk kamu baca.

Penulis buku tersebut, Mark Manson, mengajak pembacanya untuk bersikap realistis dan memahami bahwa masalah datang kepada semua orang sehingga sangat penting untuk bersikap bodo amat dan memikirkan yang penting saja.

Siap menjadi bodo amat?

3. THE POWER OF HABIT

Buku yang ditulis Charles Duhigg menggambarkan pentingnya kebiasaan yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Ia juga menjelaskan bagaimana mengubah kebiasaan yang sudah ada menjadi kebiasaan yang lebih bermanfaat guna mewujudkan kehidupan yang lebih positif.

Kalau kamu merasa punya kebiasaan buruk yang perlu diubahk, buku ini bisa menjadi pilihan bacaan yang dapat membantu.

4. THE HAPPINESS PROJECT

Buku karya Gretchen Rubin ini lebih mengajak kita praktek. Dalam buku tersebut, kamu akan diberikan  perspektif baru dalam hidup. Gretchen Rubin menuliskan tentang projek monthly goal yang bisa langsung diterapkan setiap bulannya.

Misalnya di Februari, pembaca diajak untuk fokus pada satu tema yakni Boost Energy dilengkapi dengan challange yang harus dilakukan setiap hari tersebut. Challange yang dimaksud bisa berupa usaha untuk tidur lebih awal, berolahraga, serta beberes rumah.

Buku yang sangat cocok untuk membantu kamu agar tetap fokus karena adanya misi setiap bulan yang harus dijalankan.

5. SKILL WITH PEOPLE

Skill With People cocok untuk kamu yang tak menyukai buku tebal. Buku karya  Les Giblin ini menjelaskan bahwa tidak perlu menceritakan panjang lebar tentang diri kita karena semua orang hanya tertarik dengan dirinya sendiri.

Buku saku ini tanpa basa basi dan langsung menjabarkan tips agar bisa berinteraksi dengan individu lain demi kelancaran karir, keluarga dan kehidupan sosial.