Perempuan Rentan Stres, Ini Penyebabnya

Stres dapat dialami setiap orang. Tapi ternyata, perempuanlah yang rentan stres. Baik itu karena pekerjaan, pendidikan, bahkan keluarga.

Jika dibiarkan, maka kondisi ini bisa menyebabkan depresi dan mengganggu kesehatan fisik kita loh girls.

Menurut sejumlah penelitian penelitian, perempuan memiliki kecenderungan untuk bunuh diri 3 kali lipat daripada laki-laki. Loh kenapa bisa begitu ya? Berikut beberapa alasan kenapa perempuan itu lebih mudah stress daripada laki-lak yang dikutip dari berbagai sumberi.

  1. Fluktuasi Hormon

Menurut Dr. Paul J. Rosch, Chairman of the Board of The American Institute of Stress, perempuan lebih sering mengalami perubahan level hormon yang berhubungan dengan gejala depresi.

Misalkan saat haid, setelah melahirkan, maupun menopause. Selain itu perempuan juga cenderung mengalami hipotiroidisme yang berkaitan dengan depresi.

  • Faktor Genetika

Menurut studi yang membahas mengenai kembar identik dan fraternal, perempuan memiliki kerentanan genetik yang lebih besar terhadap depresi. Sehingga perempuan cenderung lebih sering mengalami stress dan depresi dibandingkan dengan laki-laki.

  • Cenderung Terlibat Hubungan Personal

Dibandingkan dengan laki-laki, perempuan memang cenderung lebih sering terlibat dalam hubungan personal dengan orang lain baik dalam hal pekerjaan maupun di keluarga.

Karena itulah, ketika ada masalah di dalam hubungan tersebut, perempuan cenderung stress dalam menghadapinya.

Penelitian besar di Eropa menunjukkan adanya peningkatan depresi pada wanita paruh baya karena adanya tekanan dari lingkungannya. Selain itu, wanita usia 25-40 cenderung mengalami depresi 3-4x lebih mudah daripada pria.

  • Rentan Mengalami Seasonal Affective Disorder

Menurut beberapa studi membuktikan bahwa perempuan memiliki kecenderungan 4 kali lebih sering mengalami Seasonal Affective Disorder (SAD) ketimbang pria.

SAD adalah jenis depresi ringan yang terjadi pada waktu yang sama setiap tahun di negara empat musim. Kalau kamu merasa merasa moody pada musim-musim tertentu, besar kemungkinan kamu mengalami gangguan ini.

Nah, itulah alasan kenapa perempuan cenderung lebih mudah mengalami stres. Untuk itu, tetap jaga kesehata fisik dan mental kita ya girls. Sesekali melepas penat dengan liburan dan memanjakan dirimu juga perlu loh!