Hijabers, Ini Cara Rawat Rambut Agar Tetap Sehat dan Indah

Para hijaber tentu tahu dong bagaimana cara merawat rambut agar tetap sehat dan indah. Karena meskipun tertutup, rambut yang dilapisi bisa mengalami banyak masalah kalau tidak terawat.

Masalah rambut yang sering terjadi adalah rambut kering, rambut rontok , kusut, hingga rambut berketombe.

Well, kalau kamu enggak mau ketemu sama masalah rambut diatas, coba deh beberapa tips berikut untuk merawat rambutmu :

  1. Gunakan Shampo Khusus

Biasanya rambut yang ditutupi oleh hijab cenderung menjadi lembab dan berminyak. So untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan shampoo khusus hijab yang kini banyak beredar di pasaran.

  • Jangan Gunakan Hijab Saat Kondisi Rambut Basah

Seringkali ketika buru-buru kita langsung mengikat dan menutup rambut kita yang basah dengan hijab, padahal saat rambut basah itu adalah kondisi paling rentan untuk mengalami kerusakan loh.

So, sebaiknya kamu menunggu rambutmu kering sebelum mengikat dan menutupinya dengan hijab. Penggunaan pengering rambut sangat direkomendasikan tapi tetap atur dengan suhu rendah ya.

  • Jangan Ikat Rambutmu Terlalu Kencang

Untuk kamu yang memiliki rambut panjang, biasanya kamu akan mengikatnya ketika menggunakan hijab agar tidak terasa gerah.

Tapiiii, usahakan jangan terlalu kencang ya mengikatnya karena akan dapat merusak rambut serta memperparah kerontokan. Ikat rambut yang longgar sangat direkomendasikan ya.

  • Sisir Rambutmu Secara Rutin

Kalau kamu rutin menyisir rambut, maka kamu akan terhindar dari masalah rambut kusut dan rontok loh.

Jangan lupa pilih sisir dengan rongga yang sedang dan sisir rambutmu secara rutin minimal dua kali sehari. Karena aktivitas menyisir rambut juga dapat memperlancar peredaran darah ya girls.

  • Pilihlah Bahan Katun Untuk Hijabmu

Kain katun direkomendasikan untuk dijadikan hijab karena memiliki rongga yang dapat melancarkan sirkulasi udara bagi rambut meskipun keadaan tertutup.

Dengan begitu meski tertutup rambut tetap dapat bernapas dengan baik dan terjaga kesehatannya.

  • Konsumsi Makanan yang Tepat

Tidak hanya dari luar, untuk memperoleh hasil yang maksimal, kamu perlu mengimbangi perawatan rambut juga dari dalam. Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung protein, asam amino, dan zat besi seperti salmon, telur, bayam dan makanan lainnya dapat membuat rambutmu tetap sehat dan kuat karena ikut ternutrisi dari dalam.

Oh ya dengan mengonsumsi suplemen vitamin juga dapat dijadikan alternatif untuk semakin menyehatkan rambutmu.

Itulah beberapa cara untuk merawat rambut untuk kamu yang menggunakan hijab. So, meskipun tertutup tapi bukan berarti kamu asal-asalan dalam merawatnya, ya.