Meski Masih Muda, Lima Investasi Ini Cocok untuk Kamu

Masa muda perlu dinikmati. Jangan sampai kamu menyesal ketika tua nanti. Hanya saja, jangan lupa untuk memikirkan masa depan dengan cara berinvestasi.

Hasil investasi bisa digunakan untuk apa saja, misalnya beli rumah, liburan, bahkan persiapan modal menikah bagi kamu yang masih jomlo.

Memulai investasi tidak harus langsung dalam jumlah yang tinggi. Sekarang, dengan uang Rp100 saja sudah bisa berinvestasi. Kamu hanya perlu melakukannya dengan pilihan-pilihan berikut sebagai investasi pemula untuk anak muda.

Melansir berbagai sumber, berikut investasi yang cocok bagi kamu yang masih pemula.

1. Reksadana

Investasi ini dikelola sekelompok orang. Mereka biasanya mengumpulkan dan menghimpun dana secara kolektif sebelum disalurkan pada beberapa pilihan saham. Tak usah ragu atau takut karena, ada manajer investasinya.

Keuntungan dari reksadana akan dibagi secara rata buat investornya. Di sini juga kamu bisa memulai hanya dengan Rp100 ribu.

2. Emas

Bagi yang gak ingin ribet, emas batangan jadi pilihan utama. Alasannya, harga emas batangan sudah pasti selalu naik dengan catatan, dalam hitungan tahun.

Sekitar 2016 lalu, harga emas bercokol di angka kurang lebih Rp500 ribu. Tahun ini, emas melonjak jadi sekitar Rp630 ribuan lho. Pesat kan meningkatnya?

Untuk memulainya, kamu hanya perlu membeli emas di Antam atau Pegadaian. Setelah itu, simpan di tempat yang sangat aman.

3. Properti

Meski masih muda, kamu bisa sangat berpotensi di investasi ini. Kuncinya, pilih properti yang sesuai kemampuan, misalnya tanah. Sulit memang mencari tanah murah di Jakarta. Makanya perlu melebarkan pencarian ke pinggiran seperti Depok dan Tangerang.

Harga tanah di pinggiran Jakarta masih terjangkau dan cicilannya ringan. Tapi, kamu juga harus pintar-pintar memilih lokasi. Bisa saja hari ini tidak strategis, lima tahun kemudian bisa jadi ramai.

4. Investasi di P2P lending buat yang pengin return cepat

P2P lending atau peer-to-peer lending merupakan website yang mempertemukan antara peminjam atau debitur dengan pemberi pinjaman alias kreditur.

Istilahnya, kamu meminjamkan uang kepada seseorang dan mendapat pengembalian dengan bunga cukup tinggi sekitar 15 persen sampai 38 persen. Hanya saja, cara ini cukup berisiko karena tak ada jaminan si peminjam tidak mengembalikan dana kamu.

5. Investasi pendidikan dan keahlian

Pendidikan dan keahlian (skill) sangat penting bagi semua orang, khususnya kamu yang masih muda. Kamu bisa menginvestasikan uang untuk meneruskan pendidikan atau mengikuti kursus tertentu.

Investasi ini tidak akan kembali dengan cepat dan bernilai materi. Tapi, dengan keahlian dan hasil pembelajaran itulah kamu dapat menghasilkan uang.

Itulah kelima investasi yang bisa kamu mulai dari sekarang. Meski terkadang single itu sepi, tapi jangan biarkan biarkan masa depanmu demikian.