Tips Liburan Hemat Bersama Pasangan

Traveling bersama pasangan adalah goals! Benar gak nih? Atau jangan-jangan jadi salah satu resolusi kamu di 2019?

Memang, kebersamaan ketika traveling sangatlah menyenangkan dan dapat mempererat hubungan kamu. Kira-kira, apa halangannya untuk mewujudkan rencana ini? Waktu? Atau Uang?

Nah, untuk yang terakhir, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar liburanmu anti gagal-gagal. Apa saja? Yuk simak di bawah ini.

  1. Memperkirakan biaya yang diperlukan

Setelah menentukan destinasi wisata, hal pertama yang perlu dilakukan adalah RISET. Kok riset? Ya, riset perlu dilakukan untuk memperkirakan berapa biaya yang akan dikeluarkan. Mulai dari harga penginapan, transportasi, makan, dan biaya tempat wisata yang ingin dikunjungi. Mencari tahu sebelum berpergian akan lebih baik dibanding pergi tanpa pengetahuan apa pun, lho.

  • Buat rencana keuangan bersama

Setelah mengetahui berapa perkiraan dana yang akan dikeluarkan, langkah kedua adalah membuat rencana keuangan. Kita bisa menuliskan ke mana saja tempat wisata yang akan dikunjungi selama berpergian.

  • Menyiapkan dana bersama

Karena ini rencana liburan bersama, jadi harus menyiapkan dana bersama. Jangan mengandalkan salah satu pihak saja untuk mengeluarkan biaya ya, guys. Sekalipun pasangan kita mengatakan ingin membayarkan biaya liburan, akan jauh lebih menyenangkan jika dana liburan hasil dari tabungan besama. Ini bisa membuat hubungan menjadi lebih harmonis, lho. Bisa juga gunakan tabungan bersama untuk menyimpan uang yang telah dikumpulkan.

  • Membagi pengeluaran dengan adil

Setelah mengetahui berapa perkiraan biaya yang diperlukan, kita harus membagi total biaya secara adil. Bisa juga didiskusikan siapa yang membayar tiket, penginapan, dan keperluan lainnya. Hal ini bisa menambah kerja sama yang baik.

  • Mencatat pengeluaran setiap hari

Catatlah setiap pengeluaran yang kita dan pasangan keluarkan, mulai dari hal pengeluaran yang kecil hingga pengeluaran besar. Hal ini bisa menjadi patokanmu lagi di kemudian hari. Siapa tahu kita dan pasangan ingin kembali mengenang kebersamaan di tempat itu lagi nanti.

  • Mengatur pengeluaran oleh-oleh

Liburan akan kurang lengkap jika tidak membawa oleh-oleh, apalagi oleh-oleh yang menjadi ciri khas kota yang kita tuju. Jadi, menyiapkan dana untuk membeli oleh-oleh jangan sampai terlewatkan ya.

Sudah ada gambaran untuk merencanakan liburanmu, guys? Kota mana yang akan kamu pilih untuk liburan bersama pasanganmu?