Kenali Bahaya Penggunaan Tisu Basah Untuk Menghapus Makeup

Menghapus makeup adalah suatu kewajiban ketika digunakan untuk menunjang penampilan kamu.

Tak sedikit orang yang menghapusnya dengan cara instan, yakni menggunakan tisu basah. Nah, ternyata, cara ini cukup berbahaya bagi kulit wajah kamu.

Menurut Direktur Kosmetik & Penelitian Klinis Dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai, dr Joshua Zeichner, berikut beberapa bahaya yang harus kamu perhatikan.

  1. Jerawat

Meskipun tisu basah dapat membersihkan tapi bisa menghilangkan berbagai sisa makeup di wajahmu dengan sempurna, lho. Malah akan membuat wajahmu terasa lengket setelah menggunakannya.

Selain itu, karena wajah nggak bersih sempurna, kotoranpun juga masih menyubat pori-pori mu maka masalah seperti komedo dan jerawat pun bisa tiba-tiba menghantuimu nih

  • Rasa Gatal

Benzalkonium Chloride (BZK) yang terkandung di dalam tisu basah sebenarnya hanya dapat digunakan dalam batas tertentu. Jika digunakan berlebih maka akan menimbulkan rasa gatal serta kemerahan pada kulit wajahmu.

Ibu hamil pun perlu waspada dengan kandungan BZK pada tisu basah ini karena dapat mempengaruhi kehamilan.

  • Infeksi Kulit

Phenoxyethanol terkenal karena wewangiannya. Biasanya bahan inidigunakan dalam tisu basah juga untuk menjaga aroma lebih lama. Meskipun begitu bahan ini dapat menyebabkan dermatitis kontak yaitu, iritasi berat pada kulitmu loh.

Tidak hanya itu, sebuah studi di Jepang juga sudah melarang penggunaan bahan ini juga dapat menyebabkan kerusakan pada reproduksi dan sistem saraf.

  • Kerutan

Tisu basah juga dapat menyebabkan kerutan jika kita tidak membersihkan makeup dengan cara yang benar karena meninggalkan beberapa bahan kimia di kulit. Untuk itu sebaiknya kamu perlu berhati-hati dalam membersihkan makeup khususnya di area sekitar mata.

  • Kulit Kering

Sebagian besar tisu basah menggunakan alcohol. Alkohol ini dapat membuat kulitmu kering karena berfungsi untuk mengdehidrasi air di kulit. Selain itu alcohol juga dapat menyebabkan beberapa efek buruk pada kulit Anda karena kandungan kimianya.

Untuk itu lebih baik menggunakan cara tradisional yaitu menggunakan lap basah, diikuti dengan mencuci dengan pembersih ringan dan air dingin, diikuti dengan mengoleskan pelembab.

Wah, niatnya mau bersihin wajah tapi malah nambah masalah ya. So, sekarang enggak ada alasan lagi ya guys untuk bersihin wajah kamu dari make up dengan cara yang baik dan benar!