12 Istilah Fans K-Pop, Kamu Tahu Gak?

Siapa yang penggemar berat musik Korea atau K-Pop?

Pengetahuan kamu belum teruji benar jika tidak mengetahui deretan 12 istilah atau kata-kata khusus dibawah ini.

12 istilah ini memiliki arti yang ‘hanya’ diketahui oleh para pecinta musik K-Pop. Ayo, uji pengetahuan musik kamu terkait K-Pop dengan menjawab semua istilah dibawah ini.

  1. Bias

Pecinta musik K-Pop sudah tak asing dengan istilah Bias. Istilah ini digunakan untuk menyebut Anggota idola favorit kamu atau selebritas.

Sebagai contoh, kata ini bisa digunakan dalam kalimat ‘G-Dragon merupakan Bias utama diriku’.

  • Fan Service

Istilah ini merupakan kegiatan para idola untuk menemui para fansnya. Seperti meet and greet, dalam momen ini para idola senantiasa menghibur para penggemar.

  • Aegyo

Istilah ini berarti sifat alami yang dimiliki oleh idola yang menjadi daya tarik bagi penggemar, seperti imutnya wajah, pesona dan kelucuan.

Istilah ini sering digunakan dalam kalimat Aku menyukai seorang idola karena dia memiliki aegyo yang natural.

  • Stan

Para penggemar yang memiliki sifat obsesif terhadap idolanya disebut dengan julukan Stan. Istilah ini berasal dari lagu Eminem Stan yang menggambarkan seorang penggemar obsesif.

  • Sasaeng

Masih berhubungan dengan Stan, istilah Sasaeng juga ditujukan untuk seorang penggemar yang lebih ekstrem. Mereka sangat menyayangi idolanya secara berlebihan bahkan bisa membahayakan keselamatan idola maupun dirinya sendiri.

  • Daebak

Istilah ini merupakan ekspresi untuk memuji betapa hebat dan luar biasa dari suatu hal. Sebagai contoh, kata ini digunakan dalam kalimat Daebak! Pertunjukan itu luar biasa!. Sederhananya, kata ini merupakan pengganti dari wow atau good.

  • Selca

Mengambil gambar sendiri atau swafoto merupakan pengertian dari istilah ini.

  • All-kill

Istilah ini menggambarkan kondisi ketika sebuah lagu K-Pop menduduki puncak semua tangga musik utama pada saat yang sama. Contohnya, Blackpink mendapatkan All-kill lewat single hits andalannya dudududu.

  • Skinship

Suatu tindakan yang menggambarkan sentuhan intim antar idola. Sentuhan intim yang dimaksud yakni berpelukan antar idola baik pria maupun wanita.

  1. Hwaiting

Ekspresi dorongan motivasi untuk mengatakan “lakukan yang terbaik” atau “Semoga berhasil.” Istilah ini biasanya diberikan kepada seseorang yang hendak menghadapi ujian sekolah, interview kerja dan lain sebagainya yang membutuhkan usaha untuk meraih hasil maksimal.

  1. Fandom

Istilah ini merupakan sebutan bagi penggemar idola K-Pop. Contohnya, penggemar grup BigBang disebut VIP, penggemar Super Junior disebut ELF.

  1. Fanwar

Adu argumen yang terjadi antar fandom. Biasanya mereka saling menyebutkan keunggalan idolanya masing-masing dari fandom lain.

Nah, dari 12 istilah diatas apakah kamu mengetahui semuanya? Kalau iya, berarti kamu fans K-Pop sejati, ya!

Sumber: allkpop.com