Tips Mengingat Nama Orang yang Baru Bertemu

Mengingat nama seseorang untuk pertama kalinya kadang susah sekali untuk diingat. Apalagi dalam jumlah yang lebih dari satu.

Kalau seperti itu, kamu tidaklah sendirian, guys. Hampir semua orang punya masalah yang sama. Lalu, kenapa kita bisa demikian?

Menurut direktur Program Memori dan Plastisitas di Universitas Kalifornia, Charan Ranganath, ada alasan yang jelas mengenai hal tersebut.

Alasan pertama adalah orang tersebut tidak begitu menarik perhatian kamu. Kamu setuju, kan? Kamu akan mengingat nama orang dengan baik ketika dianggap penting.

Namun, Ranganath juga menganggap tidak semua orang seperti itu. Ada juga yang benar-benar lupa.

Ia mengatakan, memori manusia tidak dapat secara langsung mengingat jika hal itu biasa saja.

Jadi, ia menyarankan agar secepat mungkin menemukan sesuatu yang khas dari orang yang baru ditemuinya itu, baik dari penampilan maupun menyambungkannya dengna nama yang terkenal.

Misalnya, kamu bertemu dengan orang bernama Ayu. Kamu bisa menghubungkannya dengan Ayu Ting-Ting. Hal itu mungkin tidak berlaku bagi setiap orang.

Ada juga cara yang bisa dilakukan, yaitu mengulang nama orang itu kembali. Atau kalau Anda benar-benar lupa, bisa dengan mencatat nama orang tersebut dengan ciri-cirinya.

Nah, jangan sampai lupa lagi nama orang itu, ya. Siapa tahu nanti bisa jadi teman baikmu.

Sumber: time.com