Ciri Kanker Payudara yang Harus Kamu Tahu

Kanker payudara menjadi salah satu penyakitpaling menakutkan bagi perempuan.

Memang demikian. Tahu gak sih, kankerpayudara seringkali tidak disadari sehingga kondisinya lebih para setelah diketahui.

Kamu harus tahu ciri-ciri kanker mematikan ini. Dikutip dari berbagai sumber, ciri paling khas adalah benjolan di payudara atau sekitar ketiak.

Teksturnya keras dengan batas tidak jelasdan permukaannya tidak rata. Kamu bisa memeriksanya ke dokter jika benjolan initerus ada dengan menggunakan sinar X.

Lalu, ciri lainnya adalah arah puting kamu akan berlawanan atau terbalik. Puting biasanya akan menghadap keluar, tapi kondisi ini malah memperlihatkan puting yang menjorok ke dalam.

Tak sedikit perempuan malu membahas ini sehingga membiarkannya. Padahal, kondisi ini sangatlah serius dan harus mendapat penanganan lebih lanjut.

Selain menjorok ke dalam, warna payudara akan sedikit berbeda. Virus yang menyerang payudara akan membuat permukaan kulitnya memiliki warna berbeda. Umumnya, perbedaan warna terlihat jelas di bawah puting, seperti kemerahan, merah muda, atau lebih gelap.

Awalnya, perubahan warna ini tidak akan terasa nyeri. Tapi lama-kelamaan, pada perubahan itu akan terasa nyeri yang tidak biasa. Mungkin kamu akan berpikir jika semuanya akibat salang pemasangan bra, tapi kalau rasa nyerinya tidak hilang selama beberapa hari, segera periksa ke dokter.

Ciri selanjutnya adalah keluar cairan dari payudara meski tidak dalam kondisi menyusui. Cairan itu terus keluar meskitanpa adanya cubitan atau remasan.

Lalu, keluarnya pun hanya pada satu payudara saja, tidak dua-duanya. Bahkan yang lebih parah, cairan itu mengandungdarah juga. Nah, hal ini bisa terjadi karena adanya infeksi.

Gejala-gejala lain dari kanker payudara yaitu perubahan ukuran, bentuk, atau tampilan payudara dan puting. Pembuluh vena terlihat jelas pada payudara. Dan pada stadium lanjut, kulit payudara akanterlihat seperti kulit jeruk atau lebih kemerahan.

Maka dari itu, ketika kamu melihat tanda-tanda ganjil seperti di atas, tak usah malu untuk membicarakan dengan keluarga atau pun teman. Sehingga, kamu bisa melakukan tindakan lanjut dan berkonsultasi dengan dokter.

Ingat ya, sist, jangan pernah mengabaikan jika ada ciri-ciri yang tidak biasa di sekitar payudara.