Benarkah Generasi Milennial Malas Membaca?

Benarkah Generasi Milennial Malas Membaca?

Apakah kamu berusia 22-34 tahun? Kalau iya, berarti kamu termasuk generasi milenial. Pernahkah mendengar jika generasi ini adalah pemalas dalam urusan membaca?

Apabila mendengar hal demikian, pernyataan itu adalah salah besar. Generasi milenial adalah pembaca segalanya. Generasi ini adalah pembaca hidup. Demikianlah yang dikatakan Presiden New Shelves Books sekaligus penulis, Amy Collins.

Menurut Collins, generasi milenial memiliki cara membaca yang berbeda dari generasi sebelumnya. Para milenial bisa membaca melalui electronic book (ebook), memiliki perpustakaan sendiri, hingga menjadikan kedai kopi sebagai perpustakaannya. Kamu pasti merasakannya, bukan?

Generasi milenial seakan ketagihan dengan buku yang terintegrasi dengan ponsel pintar. Katakan saja melalui beragam aplikasi bacaan, seperti Wattpad, storial, dan lainnya.

Menurut Pew Research Center tentang pembacaan buku, 18 hingga 29 tahun merupakan yang paling membaca buku dalam format apa pun, dan yang lebih muda tidak pernah meninggalkan buku dalam bentuk tradisional atau cetak.

Data itu sepertinya bukan asal-asalan. Terbukti ketika pameran Indonesia International Book Fair 2018 berlangsung pada Rabu, 12 September 2018, di Jakarta. Para pengunjung yang hadir ternyata kebanyakan berasal dari kelompok generasi milenial akhir.

Mereka memburu beberapa buku baik itu fiksi maupun non fiksi dengan beragam genre. Tak hanya itu, ketika ditanya mengenai pendapat kebiasaan membaca, mereka tidak memungkiri adanya peralihan dari cetak ke digital.

Pernahkan melihat anak muda berjalan sambil memerhatikan ponselnya? Apa yang kamu pikirkan? Sebagian besar akan mengatakan mereka bermain media sosial. Meski tidak salah, tapi kebanyakan mereka lebih mengonsumsi banyak berita daripada yang kita ketahui.

Hanya saja, jika dibandingkan generasi sebelumnya, para milenial membaca dengan tujuan untuk kesenangan atau mengikuti peristiwa terkini.

Maka dari itu, tak salah jika kita mengatakan generasi milenial sebagai pembaca segala hal.

Ngomong-ngomong, kamu lebih suka membaca melalui gadget atau buku cetak?

No comments yet. Be the first one to leave a thought.
Leave a comment

Leave a Comment