5 FAKTA UNIK ZAMAN PENJAJAHAN BELANDA

Cerita bersejarah yang ditinggalkan Belanda pada masa penjajahannya banyak sekali. Bagaimana tidak, mereka 350 tahun menjajah negeri tercinta kita ini. Sejarah masa penjajahan belanda di Indonesia tentu sudah sering kita ketahui melalui pelajaran di sekolah, namun ada beberapa fakta menarik yang mungkin jarang dibicarakan. Berikut beberapa fakta unik pada zaman penjajahan Belanda di Indonesia.

  1. Indonesia Ikut Kejuaraan Piala Dunia

Prestasi sepak bola tim Indonesia dalam beberapa tahun terakhir memang menurun dan cenderung stagnan. Tapi jangan salah, kalau ternyata Indonesia dulu pernah mengikuti kejuaraan sepakbola paling bergengsi di dunia yaitu Piala Dunia 1938. Menariknya lagi saat itu kita merupakan tim pertama dari asia yang mengikuti kejuaraan itu. Namun keikutsertaan di Piala Dunia tersebut bukan murni atas nama Indonesia, pasalnya saat itu kita menggunakan nama Hindia-Belanda yang merupakan negara koloni Belanda dan atas dukungan asosiasi sepak bola koloni Belanda Nederlandcshe Indische Voetbal Unie (NIVU). Meskipun demikian banyak pemain asli Indonesia yang ikut andil juga lho.

  1. Ekspor Permen Jahe

 

Belanda menjajah Indonesia karena memang ingin mengambil rempah-rempah yang menjadi komoditas saat itu. Banyak sekali jenis rempah yang berkualitas sangat baik di negeri kepulauan nan indah ini. Salah satu rempah yang sangat diinginkan Belanda adalah jahe, uniknya bukan hanya mentah saja namun juga jahe olahan yang mereka inginkan. Pada akhir abad 18 Indonesia, lebih tepatnya Batavia saat ini banyak mengekspor permen jahe ke negeri Belanda. Biar gak masuk angin kali ya, maklum di sana dingin.

  1. Saat Menjajah Indonesia, Belanda Juga sedang Dijajah

Pada tahun 1810 adalah masa dimana Belanda secara resmi berada di bawah penjajahan Prancis yang dipimpin oleh Napoleon Bonaparte. Menariknya pada periode yang sama, Belanda juga sedang menjajah Indonesia yang dipimpin oleh Gubernur Jenderal Daendels. Belanda akhirnya berhasil merdeka dari Prancis pada tahun 1815. Kualat ya, makanya jangan suka menjajah!

 

  1. Rencana Pemindahan Ibukota dari Jakarta ke Bandung

 

Ibukota Hindia-Belanda yang berada di Jakarta sempat akan dipindahkan ke Bandung lho guys. Hal itu diungkapkan oleh seorang arsitek Belanda yang bernama EH de Roo, dimana pada tahun 1928 stasiun Bandung direnovasi dan dirancang untuk proses pemindahan ibu kota tersebut. Namun rencana tersebut tidak terlaksana karena Belanda mengalami krisis ekonomi. Stasiun Bandung yang ada sekarang adalah hasil dari renovasi tahun 1928 tersebut.

 

  1. Belanda Membawa Narapidana Pertama ke Nusakambangan

Pulau Nusakambangan merupakan tempat tahanan dan hukuman para narapidana kelas kakap di Indonesia. Sejarah Nusakambangan sebagai tempat tahanan dimulai dari pemerintah Belanda yang ingin membangun benteng pertahanan di pulau tersebut. Pemerintah belanda mengirimkan para tahanan yang ada di pulau Jawa ke sana untuk membangun benteng tersebut. Kemudian para tahanan tersebut melanjutkan masa tahanannya di sana. Hingga akhirnya kini Nusakambangan menjadi tempat tahanan tingkat tinggi.

 

Nah, dari semua faka yang sudah dirangkum, fakta mana yang baru kamu ketahui?

 

[Oleh : Ilyas]