5 Fakta Unik Seoul, Nomor 5 Beda Banget sama di Indonesia

5 Fakta Unik Seoul, Nomor 5 Beda Banget sama di Indonesia

Kalo denger kata “Seoul”, apa yang ada di benak kamu? Kota yang indah, banyak tempat wisata seru, oppa-oppa-nya yang cakep, atau hal lainnya? Ya, ibu kota Korea Selatan ini emang punya banyak daya tarik. Selain dilewati aliran Sungai Han, Seoul juga punya beberapa fakta unik loh, yuk kepoin lima di antaranya!

 

  1. Seoul Artinya Ibu Kota

Seoul dikenal dengan kota yang punya banyak nama berbeda. Mengutip Korea Tourism Organization, kata “Seoul” diyakini berasal dari huruf Korea ”seoraneol” yang berarti ibu kota.

  1. Beriklim Subtropis

 

Iklim Seoul adalah subtropis. Saat musim panas, udara bakal terasa panas banget, sedangkan kalo musim dingin, udaranya bakal superdingin. Suhu dingin Seoul biasanya terjadi pada Januari yang bisa mencapai  –6 derajat celsius, sedangkan suhu tertinggi terjadi pada Agustus, yaitu sekitar 29,5 derajat celsius.

3. Markas bagi Perusahaan Besar

Sebagai salah satu kota terbesar di dunia, Seoul jadi markas bagi banyak perusahaan internasional. Sebut aja Samsung, LG, Hyundai, juga KIA. Seperti dikutip dari Detik.com, selain dihuni banyak perusahaan multinasional, pembangunan Seoul juga difokuskan pada sektor pariwisata dan manufaktur.

4. Macet

Di kota dengan luas wilayah 605,2 km persegi ini, kemacetan juga sering terjadi di titik-titik tertentu, terutama saat jam sibuk. Di Seoul, hampir seluruh beban transportasi ditopang oleh kereta bawah tanah dan tranportasi massal. Sementara untuk kendaraan pribadi cuma bisa dinikmati oleh orang kaya ataupun mobil kantor.

5. Pedagang Kaki Lima yang Tertib

Pengaturan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Seoul sangat tertib. PKL juga dikasih akses berdagang di tempat strategis seperti di Myeongdong dan Junggu. Di pusat wisata belanja Myeongdong, PKL akan berdagang di tengah jalan di antara gerai toko yang menyediakan barang bermerek. Sementara di Junggu, PKL yang menjual bumbu dapur sekalipun ditempatkan di antara gedung-gedung perkantoran internasional.

Para PKL Seoul bisa dibilang pasif. Mereka enggak terdengar berteriak di tengah jalan untuk menjajakan barang kayak di Indonesia. Tawar-menawar pun jarang dilakukan, sekalipun di pasar tradisional.

 

 

Nah, itu tadi lima fakta unik Kota Seoul, Korea Selatan. Kalo masih belum puas, kamu bisa cari tahu fakta-fakta menarik lainnya di novel terbaru Sinta Yudisia, Sirius Seoul. (ANA)

No comments yet. Be the first one to leave a thought.
Leave a comment

Leave a Comment