Serius Deh, 4 Fenomena Mengejutkan Ini Akan Kalian Temui di Wattpad

Serius Deh, 4 Fenomena Mengejutkan Ini Akan Kalian Temui di Wattpad

Salah satu situs atau platform yang sedang hype sampai sekarang adalah Wattpad. Platfrom ini mewadahi banyak orang yang memiliki ketertarikan ataupun bakat dalam menulis sebuah cerita. Selain gratis, aplikasi ini sangat mudah digunakan karena tidak memiliki regulasi yang ribet. Tentu saja platform ini sangat mendukung kalian yang ingin ceritanya dapat dibaca oleh orang banyak. Tidak sedikit loh teman-teman para penulis wattpad menerbitkan tulisan-tulisannya di penerbit yang bergengsi.

Eh, tapi tahu tidak ternyata Wattpad juga memunculkan fenomena-fenomena yang mengejutkan loh? Mungkin bagi kalian yang sudah lama berkecimpung di Wattpad, hal ini terasa lumrah dan dapat dimaklumi, tetapi bagi kalian yang baru saja memulai karir di wattpad atau menjadi pembaca di wattpad, mimin sudah merangkum fenomena yang akan kalian temui selama kalian berselancar di wattpad. Cekidot!

 

  1. Penghuni Wattpad banyak di dominasi oleh “Bocah ABG”

Well, mengapa mimin bisa berkata seperti itu? Karena memang setelah mimin melakukan survey secara diam-diam dan tidak terlacak, kebanyakan pengguna wattpad di dominasi oleh anak remaja usia di bawah 17 tahun. Kalian akan menemukan mereka di genre cerita manapun, terlebih pada genre Fan Fiction atau Teen Fiction. Jika kalian membuka kolom komentar pada cerita di genre tersebut di jamin deh, isinya didominasi oleh pembaca remaja perempuan ABG.

Eits, tapi bukan berarti semuanya “bocah” ya gengs, ada juga penghuni wattpad yang berumur lebih dari 17 tahunan seperti mimin atau bahkan ada yang sudah memiliki keluarga. Tapi, rata-rata biasanya yang seperti itu adalah seleb-selebnya wattpad. Maksudnya, cerita-cerita yang mereka post di wattpad sudah dibaca berjuta kali dan bahkan sudah diterbitkan dalam bentuk hardcopy. Namun, dibandingkan mereka mimin hanyalah debunya debu. Hikss..

 

2. Genre Romance adalah Dewanya Wattpad

Jika kamu baru saja bergabung di wattpad, jangan heran kalau kebanyakan penulis wattpad di Indonesia lebih menykai cerita Romance ( terutama TeenFiction atau FanFiction). Hal ini berbanding lurus dengan pengguna yang kebanyakan adalah perempuan usia remaja. Oleh karena itu, latar ceritanya tidak akan lari dari kehidupan SMA.

Konsep favorite? Mimin kasih tau ya, yaitu Bad Boys X Good Girl.

Untuk cerita berlatar SMA, biasanya Bad Boys nya digambarin sebagai tokoh yang super bening, tinggi, nakal, disegani oleh seluruh warga sekolah, kaya, dan tentunya menjadi most wanted para cewek. Sedangkan untuk karakter Good Girlnya adalah gadis yang biasa, baik, kalem, ketua OSIS dan lain-lain.

Kalau melirik ke cerita dengan konsep young adult/adult, biasanya konsep yang disukai adalah kisah cinta antara CEO perusahaan dengan bawahannya. Seperti serial di drama-drama Korea gitu…

 

3. Tidak Semua Pengguna Wattpad Memiliki Tulisan.

Well, mungkin kalian akan berpikir? Hello, mana mungkin pengguna wattpad tidak memiliki tulisan, setidaknya tulisan diari mereka deh.

Memang begitu kebenarannya. Memang, kalian akan jarang menemukan pengguna wattpad yang tidak memiliki tulisan, karena seperti yang kita tahu 99% penghuninya adalah calon penulis buku. Tapi, jika kalian menelurusi lebih dalam, kalian akan menemukan akun-akun yang sama sekali tidak memuat tulisan di sana. Biasanya akun-akun itu hanya digunakan oleh orang sebagai media untuk membaca tulisan-tulisan yang lain. Hal itu tentu termasuk positif, tetapi kalian para penulis juga harus waspada dengan akun-akun “fake”. Mengapa? Karena biasanya akun-akun ini digunakan sebagai mediator untuk menyebar kebencian, hate comment, bahkan penyebab terjadinya perang dingin di wattpad belakangan ini.

 

4. Selebgram Atau Artis Asing Selalu Dijadikan Role Model Karakter

Seperti yang sudah mimin bilang, genre Fanfiction dan TeenFiction adalah genre overrated di wattpad. Jika kalian meneliti banyak tulisan pada genre tersebut, kalian jangan heran jika menemukan banyak artis-artis, selebgram asing, bahkan sampai idol k-pop dijadikan sebagai karakter utama.

Baru-baru ini yang sering dijadikan sebagai role model karakter di cerita teen atau fanfiction adalah selebgram asal Spanyol, Manu Rios. Setelah mimin melakukan riset dan stalking di akun instagramnya selebgram itu, ada beberapa kesimpulan yang bisa mimin dapatkan. Hal yang membuat Manu Rios dijadikan role model karakter adalah karena pria ini super charming dan handsome kayak malaikat, putih, tinggi, bertalenta, dan memiliki sorot mata yang indah. Jelas, tipikal pria yang ingin dimiliki banyak wanita, khususnya untuk remaja-remaja Indonesia. Selain Manu Rios, artis yang sering dijadikan Role Model adalah Bryce Hall, Personil EXO dan BTS, dan lain-lain.

Nah tokoh-tokoh cowok ini biasanya dijadikan sebagai Casannova, CEO, atau Bad Boy. Sedangkan selebgram cewek biasanya dijadikan sebagai cewek jelata.  Ada juga yang menjadikan role model wanita sebagai anak popular sih, tapi kebanyakan penulis-penulis itu menjadikan role model ceweknya sebagai tokoh utama yang jelata. Kasian yah.

 

(Akbar Suganda)

No comments yet. Be the first one to leave a thought.
Leave a comment

Leave a Comment