5 Festival Seru di Seoul, Nomor 5 Cocok Didatengin bareng Oppa-Oppa

5 Festival Seru di Seoul, Nomor 5 Cocok Didatengin bareng Oppa-Oppa

Buat kamu pencinta musik ataupun drama Korea, pasti gak asing lagi dengan Seoul. Selain jadi markasnya musisi-musisi K-Pop, ibu kota Korea Selatan ini juga sering banget dijadiin tempat syuting drama-drama terkenal Korea, seperti Goblin dan Cheese in The Trap. Selain itu, ternyata Seoul juga punya pesona lain, yaitu banyak festival keren yang diselenggarakan tiap tahunnya. Mau tahu ada festival apa aja? Ini dia lima di antaranya:

 

  1. Hi Seoul Festival

Hi Seoul Festival adalah salah satu acara yang bikin Kota Seoul meriah. Mengutip Korea.paduanwiata.id, di event tersebut ada parade, pertunjukan drama, pameran makanan, upacara adat, dan pertunjukkan lampu. Festival yang diselenggarakan sejak 2003 ini digelar pada musim semi yang jatuh antara Mei dan April.

Beberapa parade yang menarik adalah kompetisi hewan peliharaan, pertunjukan tradisional Jepang, pertunjukan melawan banteng, parade Jongmyo Jerye, dan barongsai. Gak cuma itu, pengunjung juga bisa menikmati kontes tari dan pertunjukkan perkusi khas Korea. Gimana? Tertarik ke sini?

 

2. Festival Pistol Air Sinchon

Kalo kamu pikir pistol air cuma mainan buat anak kecil, kamu salah, karena orang dewasa pun suka main pistol air. Buktinya, Seoul sampai mengkhususkan dua hari menjelang akhir Juli untuk menggelar Festival Pistol Air Sinchon yang bisa diikuti semua kalangan.

Digelar di kawasan Yonsei-ro sampai pusat area Sinchon, peserta festival diberi peran menjadi pasukan alien atau pelindung bumi. Nantinya mereka berperang menggunakan pistol air. Panggung utama didirikan di tengah Yonsei-ro dengan bentuk menyerupai kapal luar angkasa yang melingkar. Musik dan DJ akan mengiringi perang pistol air ini.

Dikutip dari Beritagar.id, pihak penyelenggara juga akan melengkapi festival ini dengan gelembung busa, instalasi panggung, serta efek spesial yang semakin menyemarakkan suasana. Sejak penyelenggaraannya pada 2013, tercatat lebih dari 115 ribu orang ambil bagian dalam festival musim panas ini. Siap basah-basahan?

 

3. Seoul Kimchi Festival

Kalo orang Inggris percaya teh itu penting banget buat kesehatan, maka orang Korea rajin makan kimchi buat jaga kesehatan mereka. Itulah alasan kimci, sajian yang terbuat dari sayur-sayuran yang difermentasi ini sampai dibuatkan festival khusus.

Selain itu, Seoul Kimchi Festival juga merupakan bentuk penghormatan karena UNESCO telah menjadikan kimchi sebagai warisan budaya. Seoul Kimchi Festival dimulai pada 2014 dan menjadi acara tahunan di kota berpenduduk sekitar 10 juta jiwa ini.

Kalo dateng ke Seoul saat November, kamu punya kesempatan menengok Seoul Kimchi Making & Sharing Festival yang digelar di Seoul Plaza dan di depan Gwanghwamun Square. Di festival ini, pengunjung bisa belajar meracik kimchi sekaligus mencicipi lebih dari 200 variasi sajian khas Korea ini. Yuk, makan kimchi bareng-bareng!

 

4. Festival Budaya Go Jongno

Pada musim gugur, sekitar awal September, warga Korea Selatan punya tradisi menilik kembali masa lalu. Warga merayakan sejarah 2.000 tahun berdirinya Seoul. Biasanya, Seoul akan diselimuti warna-warna tradisional khas Korea, yaitu hijau, merah, biru, dan kuning.

Festival ini biasanya terdiri atas beberapa festival sesuai nama dan tempatnya digelar. Misalnya, Festival Budaya Insadong, Royal Court and the Nobility’s Traditional Food Festival, Yukuijeon Experience Festival, dan Daehangno Small Theater Festival.

Di event ini, pengunjung bisa menikmati berbagai seni dan kebudayaan Korea, seperti musik dan pakaian tradisional, Hanbok. Tersedia pula berbagai pilihan kuliner, termasuk makanan para bangsawan Seoul zaman dahulu. Festival budaya terbesar ini biasanya digelar di pusat Seoul, yaitu sekitar Insa-dong dan Cheonggyecheon. Wow, daebak!

 

5. Seoul International Fireworks Festival

Digelar setiap tahun sejak tahun 2000, festival kembang api ini telah menyemarakkan langit Seoul di malam hari. Biasanya orang-orang akan berkumpul di kawasan Hangang Park di pusat kota dan berdiri di depan gedung 63 City.

Penyelenggara akan menampilkan berbagai hiburan sebelum acara puncak, yaitu pesta kembang api yang ditampilkan secara mewah hasil kolaborasi pakar kembang api domestik dan internasional. Romantis banget kan? Kalo kamu mau dateng ke festival ini, kira-kira ngajak siapa?

 

Nah, itu tadi lima festival tahunan di Seoul, Korea Selatan. Kalo masih belum puas sama keindahan kota kelahiran G-Dragon ini, kamu bisa cari tahu hal-hal menarik lainnya di novel terbaru Sinta Yudisia, Sirius Seoul.

 

(ANA)

No comments yet. Be the first one to leave a thought.
Leave a comment

Leave a Comment