Kenalan, Yuk, Sama Penulis Best Seller!

Kenalan, Yuk, Sama Penulis Best Seller!

Hey, sobat Pastel! Sebagai pembaca yang baik, tentunya kalian juga harus kenal sama penulisnya, dong. Disini, aku mau ngajak kalian untuk kenalan sama salah satu penulis best seller, yaitu mbak Ary Nilandari yang baru-baru ini menerbitkan buku Write Me His Story. Yuk langsung aja kita cari tahu tentang mbak Ary!

  1. Lahir di Cirebon

Sobat Pastel tahu gak? Ternyata, mbak Ary adalah wanita kelahiran Cirebon, lho.  Tanggal lahirnya adalah 19 September. Dia adalah anak ketiga dari lima bersaudara yang semuanya kutu buku. Ayah mbak Ary adalah seorang guru yang kemudian menjadi kepala dinas. Sejak kecil, mbak Ary sudah membaca berbagai macam buku seperti buku-buku terbitan pemerintah (Balai Pustaka) di perpustakaan kantor Ayahnya, dan buku-buku yang dipinjam Kakaknya dari taman bacaan yaitu cerita rakyat, cerita silat, komik, dan majalah anak.

 

  1. Suka Memulis Sejak Kelas 4 SD

Hobi membaca buku membuat mbak Ary suka menulis juga, lho. Sejak mbak Ary kelas 4 SD, dia udah suka menulis. Kalian tahu dia suka menulis tentang apa? Dia suka menulis puisi, guys. Guru bahasa Indonesianya pun mendorongnya untuk menulis dan memajang puisi buatannya di majalah dinding dan mengirimkannya ke koran. Lalu, saat mbak Ary kelas 6, dia menulis novel pertama di buku tulis. Saat SMP kelas 1, beberapa cerpen buatan mbak Ary pun dimuat di Majalah Anita.

 

  1. Lulusan ITB

Sobat Pastel tahu, gak? Mbak Ary dulu kuliah di jurusan Kimia ITB. Wih, keren bangeeet! Tapi, sebenarnya passion mbak Ary lebih condong ke bahasa. Dengan mengikuti Student English Forum-ITB, passion-nya terpenuhi. Setelah lulus, dia pindah ke Jakarta untuk bekerja di sebuah penerbit mengurusi kimiawi tinta percetakan. Tapi ternyata itu hanya batu loncatan, karena yang dia kejar adalah keredaksian dan akhirnya dia berhasil, guys.

 

  1. Pernah Jadi Translator dan Editor

Setelah memasuki dunia keredaksian, dia pun bekerja menjadi seorang editor di divisi anak dan remaja. Lalu, setelah dia menikah dan memiliki anak, dia pun menjadi translator dan editor lepas untuk penerbit-penerbit yang dia kenal. Selama 12 tahun menjadi translator dan editor, dia menulis hanya sesekali. Bahkan, karya terjemahannya jauh lebih banyak daripada tulisannya sendiri walaupun dia sudah memenangkan beberapa perlombaan karya fiksi.

 

  1. Menulis Buku Anak dan Remaja

Di tahun 2010, mbak Ary akhirnya memutuskan untuk berhenti menerjemahkan dan mengedit. Saat itu, keinginannnya untuk membuat buku anak yang berkualitas semakin tinggi dan membuatnya fokus untuk bergelut di dunia menulis buku anak. Lalu, dia pun mulai tertarik untuk menulis buku remaja. Nah, makanya sekarang ada beberapa buku remaja yang ceritanya keren-keren kayak Pelik, The Visual Art of Love dan Write Me His Story.

Itu dia beberapa info buat kalian yang pengen kenalan sama salah satu penulis buku best seller. Pengalaman mbak Ary ini bisa kalian petik dan dijadikan pelajaran, guys. Siapa tahu kalian juga bisa jadi penulis best seller juga. Segitu dulu, ya, kenalannya. Sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya.

No comments yet. Be the first one to leave a thought.
Leave a comment

Leave a Comment