5 Manfaat Menulis Diary

5 Manfaat Menulis Diary

Halo, sobat Pastel! Kalian ada yang udah baca cerita Wattpad tentang sepasang sahabat, Wynn Maharesi dan Hyacintha Sheridani, yang menulis diary bersama? Itu loh cerita Wattpad yang berjudul Write Me His Story karangan Ary Nilandari. Walaupun di era digital yang udah serba instan sekarang ini, siapa disini yang masih suka nulis di buku diary? Pasti banyak ya diantara sobat Pastel yang masih nulis diary. Tapi sobat Pastel tahu gak sih manfaat dari menulis diary itu sendiri? Secara gak sadar, menulis diary itu punya beberapa manfaat loh, Sobat. Yuk kita liat beberapa manfaatnya dibawah ini.

 

  1. Membuat Hati Lebih Tenang

Menulis diary itu bisa jadi cara alternatif untuk membuat hati lebih tenang, sobat. Kenapa? Karena dengan menulis diary tentang sesuatu yang sedang kita rasakan, mau itu marah, kesal, sedih atau menyakitkan bisa mengurangi dampak dari perasaan buruk itu sendiri. At least, kamu bisa merasa lega dan plong setelah menulis diary ketimbang harus mencurahkannya di semua media sosial yang kamu punya. Jadi mending nulis diary daripada kalian ngesharenya di socmed yang malah dinyinyirin sama netizen lagi. Hihihi.

  1. Mempertajam Ingatan

Ketika sobat Pastel nulis atau curhat di diary, secara nggak langsung kalian juga menyerap dan menyimpan memori-memori dan momen-momen yang pernah kalian alami. Jadi apat diartikan bahwa menulis diary itu bisa membuat ingatan kalian lebih tajam karena mampu mengingat hal-hal kecil dan terperinci.

 

  1. Melatih Daya Pikir

Ketika sobat Pastel menuliskan semua aktivitas kalian seharian penuh, kalian secara tak langsung mengurutkan kejadian tiap kejadian yang kalian lewati di hari tersbeut. Tanpa sadar, itu akan membuat kalian terbiasa berpikir sistematis dan terstruktur jika dilakukan setiap harinya.

 

  1. Meningkatkan Kesehatan Fisik

Sobat Pastel tahu gak kalau menulis diary bisa meningkatan kesehatan fisik? James Pennebaker, seorang peneliti bidang Psikologi dari Universitas Texas, mengatakan bahwa menulis diary dapat menguatkan sistem imun atau disebut T-lymphocytes. Selain itu, menulis diary diindikasikan bisa menurunkan gejala asma dan radang sendi loh, sobat.

 

  1. Lebih Percaya Diri

Saat sobat Pastel menulis keseharian kalian di diary secara rutin, kalian akan lebih tahu tentang diri kalian sendiri, bagaimana kalian bersikap kepada orang lain, apa yang biasa kalian lakukan dan apa yang kalian sukai. Dengan begitu, kalian akan tahu apa passion kalian sebenarnya dan mencintai diri sendiri. Dengan mencintai diri sendiri, itu akan membuat kita lebih percaya diri.

 

Setelah tahu beberapa manfaat menulis diary diatas, pasti sobat Pastel makin semangat buat mulai menulis keseharian kalian di diary. Selamat dan semangat menulis!

No comments yet. Be the first one to leave a thought.
Leave a comment

Leave a Comment