2018 Merdeka Dari Hoax

2018 Merdeka Dari Hoax

Masih dengan hawa-hawa kemerdekaan. Ternyata dengan tidak disadari kita masih terjajah lho! Bukan dengan senjata dan pasukan militer negara lain, namun dengan beredarnya berita-berita palsu alias hoax. Di era serba gampang seperti ini memang mudah mendapat beragam informasi dalam hitungan detik, namun konsekuensinya adalah kita jadi kewalahan dalam mencerna informasi. Kalau sudah begini akan sulit membedakan mana hoax atau bukan. Ada tips nih supaya kalian terbebas dari hoax.

  1. Baca dengan teliti dan menyeluruh

Sekarang ini clickbait ada dimana-mana. Jangan hanya judulnya yang heboh, kalian jadi ikutan heboh. Baca keseluruhan informasi dengan teliti, ini adalah tameng pertama kita untuk melawan hoax.

 

  1. Dapatkan dari sumber yang terpercaya

Pastikan informasi yang kalian dapat dari sumber terpercaya dan kredibel sehingga bisa dipertanggungjawabkan. Kalau dapat berita yang banyak “katanya sih gitu” atau “kata si anu”, wah lebih baik kalian mundur ke pojokan terus googling dari situs yang memang terpercaya.

 

  1. Berusaha adil sejak dalam pikiran

Ketika kita dapat informasi yang mewakili suara kita, tanpa pikir panjang kita bakal percaya meskipun nggak tahu itu benar atau nggak. Makanya perlu banget nih mencerna segala informasi yang di dapat dengan kepala dingin dan pikiran yang adil.

 

  1. Jangan ikut sebarin hoax

Kalau dapat berita dari teman yang masih katanya dan belum terbukti, berhenti disitu. Jangan ikut geli untuk sebarin beritanya. Itu sama saja kan kita mengembangbiakan hoax di lingkungan.

 

Nah sekian jurus-jurus untuk melawan hoax supaya kita jadi manusia (digital) yang merdeka seutuhnya. Semoga peringatan 73 tahun kemerdekaan Republik Indonesia ini bisa jadi titik awal Indonesia bebas hoax. Semuanya dimulai dari diri kita sendiri.

No comments yet. Be the first one to leave a thought.
Leave a comment

Leave a Comment