10 Cabang Olahraga Baru di Asian Games 2018

10 Cabang Olahraga Baru di Asian Games 2018

Halo, sobat Pastel! Ada yang tahu apa itu Asian Games? Itu loh Pesta Olahraga terbesar antar negara se-Asia ke-18 yang kali ini diselenggarakan di Indonesia pada 18 Agustus-2 September 2018. Asian Games diselenggarakan di dua kota yaitu Jakarta dan Palembang, serta beberapa tempat yang tersebar di Provinsi Jawa Barat dan Banten. Jumlah cabang olahraga yang bakal dipertandingkan sebanyak 40 cabang, terdiri dari 32 cabang olahraga olimpiade dan 8 cabang olahraga nonolimpiade. Tapi sobat Pastel tahu gak dari sejumlah 40 cabang olahraga tersebut, ada 10 cabang olahraga baru di Asian Games 2018 kali ini. Apa aja ya kira-kira? Yuk langsung aja kita cek nih listnya.

  1. Panjat Tebing

Cabor (cabang olahraga) baru yang pertama ada panjat tebing nih, sobat. Pasti banyak dari sobat Pastel yang udah kenal sama jenis olahraga yang satu ini. Panjat tebing atau Rock Climbing adalah jenis olahraga alam bebas yang mengandalkan kekuatan tangan dan kaki. Panjat tebing pertama kali dikenal di kawasan benua Eropa, tepatnya di kawasan pegunungan Alpen sebelum perang Dunia I. Pada awal tahun 1910 dinegara Austria mulai diperkenalkan peralatan-peralatan untuk menunjang panjat tebing. Pada umumnya panjat tebing dilakukan didaerah yang berkontur batuan tebing dengan sudut kemiringan mencapai lebih dari 45o. Seiring berjalannya waktu, panjat tebing berevolusi menjadi berbagai olahraga: olahraga mengejar prestasi, olahraga mengejar kepuasan pribadi dan kegiatan profesi untuk mencari nafkah yaitu Kerja pada Ketinggian. Di Indonesia, panjat tebing termasuk jenis olahraga ekstrim dan beresiko tinggi, panjat tebing juga membutuhkan peralatan dan teknik-teknik tertentu untuk melewatinya. Nah, sobat Pastel udah pernah coba jenis olahraga yang ekstrim ini?

 

  1. Ju Jitsu

Cabor baru yang kedua ada Ju Jitsu. Sobat Pastel ada yang tahu jenis olahraga ini? Ju Jitsu adalah salah satu macam aliran bela diri yang berasal dari Jepang. Aliran Ju Jitsu yang tertua di Jepang sendiri adalah Takenouchi-ryu, didirikan tahun 1532 oleh Pangeran Takenouchi Hisamori. Jenis bela diri ini pada dasarnya adalah bentuk-bentuk pembelaan diri yang bersifat defensif dan memanfaatkan teknik-teknik yang bersifat fleksibel, dimana menghalau serangan lawan dengan cara menipu agar daya serangan tersebut bisa mengalahkan dirinya sendiri. Di Indonesia, Ju Jitsu ini juga udah cukup populer sejak tahun 1949 dengan didirikannya salah satu perguruan Ju Jitsu bernama Ishikawa Jiu Jitsu Club. Sobat Pastel ada yang mau coba jenis olahraga ini?

 

  1. SAMBO

Ada yang tahu jenis cabor yang satu ini? Buat yang belum tahu, SAMBO adalah salah satu jenis olahraga dibidang bela diri modern yang berasal dari Rusia. SAMBO merupakan akronim dari SAMooborona Bez Oruzhiya yang artinya “bela diri tanpa senjata”, itulah kenapa penulisan SAMBO harus ditulis dengan huruf besar. SAMBO dibedakan menjadi 4 jenis. Yang pertama, Borba SAMBO atau SAMBO olahraga, mirip dengan gulat atau judo. Kedua, SAMBO bela diri, mirip dengan AikijutsuJujitsu, atau Aikido. Ketiga, SAMBO tempur (bahasa Rusia: Боевое Самбо, Boyevoye Sambo), dikembangkan untuk militer. Keempat, SAMBO khusus yang dikembangkan untuk pasukan khusus militer.

 

 

  1. Kurash

Nah yang keempat ada cabor Kurash nih, sobat. Sobat Pastel pernah dengar olahraga bela diri jenis ini? Kurash adalah salah satu jenis olahraga bela diri yang pertama kali dimainkan pada abad ke-15 SM di wilayah Tatarstan Asia Tengah atau yang sekarang dikenal dengan wilayah Uzbekistan. Menurut penelitian ilmiah terbaru usia Kurash sendiri setidaknya telah ada sejak 3.500 tahun dan Kurash adalah satu jenis olahraga bela diri secara terlatih tertua di dunia. Kurash memiliki gerakan dasar saling membanting dengan mengaitkan baju khusus, yang menyerupai olahraga bela diri Gulat dan olahraga beladiri Judo, bedanya kalau kondisi bantingan dalam Kurash berada di posisi berdiri pada kaitan atas dan gak diperkenankan menggunakan kaitan pada kaki.

 

  1. Pencak Silat

Sobat Pastel pasti udah gak asing lagi sama jenis cabor yang satu ini. Yap pencak silat, seni bela diri yang berasal dari Kepulauan Melayu atau secara luas dikenal di IndonesiaMalaysiaBrunei, dan SingapuraFilipina selatan, dan Thailand selatan sesuai dengan penyebaran berbagai suku bangsa Nusantara. Dalam pencak silat, ada pengaruh budaya dan beberapa agama, seperti budaya Cina, agama Hindu, Budha, dan Islam. Dalam pencak silat juga terkandung beberapa unsur, seperti unsur olahraga, unsur kesenian, unsur bela diri, unsur pendidikan mental kerohanian, dan unsur persaudaraan menuju persatuan. Di Indonesia sendiri, pencak silat mempunyai banyak aliran, misalnya daerah Jawa Barat terkenal dengan aliran Cimande dan Cikalong, di Jawa Tengah ada aliran Merpati Putih dan di Jawa Timur ada aliran Perisai Diri. Hal tersebut menujukkan kekayaan budaya masyarakat yang ada di Indonesia dengan nilai-nilai yang ada di dalamnya.

 

  1. Jet Ski

Selanjutnya cabor baru ada Jet Ski nih, sobat. Sobat Pastel ada yang pernah coba salah satu olahraga jenis ini? Jet Ski merupakan jenis olahraga air yang menggunakan boat bertenaga motor. Awalnya, PWC (Personal WaterCraft) berasal dari Bombardier pada tahun 1960-an. Bombardier memasukkan Jet Skis ini ke pasaran sekitar tahun 1968-1969. Inti dari jenis olahraga ini adalah pengendara harus mempunyai pengetahuan tentang teknik yang tepat sehingga mampu menjaga keseimbangan dalam melakukan salah satu jenis olahraga yang menantang ini. Jet Ski terbagi jadi dua tipe, 1100 cc dan 1200 cc. Perbedaannya cuma Jet Ski 1100 cc mempunyai bodi lebih kecil dan setirnya lebih ringan, sehingga Jet Ski 1100cc lebih mudah goyah saat dihantam ombak dan Jet Ski tipe ini lebih sering digunakan untuk para pemula.

 

  1. Basket 3×3

Siapa disini yang suka main basket? Cabor selanjutnya ada basket 3×3, sobat. Beda sama permainan bola basket pada umumnya yang terdiri dari 5 orang dalam satu timnya, kali ini cabang olahraga basket 3×3 berisikan 3 orang dan lapangan yang dipakai pun cuma setengah lapangan dari permainan biasanya, sobat. Waktu pertandingan basket 3×3 ini juga hanya terdiri dari 3 babak. Babak pertama yaitu babak penyisihan yang berlangsung selama 10 menit, babak kedua ada babak semifinal yang juga berlangsung selama 10 menit, dan terakhir babak final yang ditentukan oleh pada saat melakukan bola mati atau free throw.

 

  1. Paralayang

Ada yang tahu apa nama cabor jenis ini? Yup paralayang atau dalam bahasa inggrisnya ini paragliding pertama kali dikenal pada tahun 1950-an dan kejuaraan dunia pertamanya dilakukan di Kössen, Austria pada tahun 1989. Paralayang adalah jenis olahraga terbang bebas menggunakan sayap kain atau parasut yang lepas landas dengan kaki dan bertujuan untuk rekreasi atau kompetisi. Paralayang lepas landas dari sebuah lereng bukit atau gunung dengan memanfaatkan angin yang membuatnya melayang tinggi. Ada dua jenis angin yang dimanfaatkan, yaitu angin yang menabrak lereng (dynamic lift) dan angin naik yang disebabkan karena termal (thermal lift). Yang membuatnya menarik adalah semua yang dilakukan itu tanpa menggunakan mesin apapun, semata-mata cuma mengandalkan angin. Keren kan? Sobat Pastel ada yang udah coba jenis olahraga ini? Kayaknya sih seru bisa terbang tinggi tanpa bantuan mesin. Di Indonesia sendiri latihan paralayang biasanya dilakukan di tebing Parangdong dengan pendaratan di Pantai Parangtritis dan pada bulan Januari-April bulan-bulan baik melangsungkan paralayang.

 

  1. Bridge

Next, ada cabor dari bidang perkartuan nih, sobat. Yap, salah satu olahraga yang mengasah otak ini bernama Bridge atau Contract Bridge. Bridge pertama kali dimainkan pada 1 November 1925 diatas kapal uap ‘Finland’ dalam perjalananya dari San Fransisco ke New York dan kejuaraan pertamanya dilakukan pada tahun 1928. Bridge terdiri dari empat orang berpasangan dan duduk berhadap-hadapan yang memainkan 52 kartu yang terbagi dalam 4 kelompok kartu, yaitu Spade, Heart, Diamond dan Club. Kecakapan yang dibutuhkan pemain dalam Bridge adalah taktik dan daya ingat. Sobat Pastel ada yang bisa main salah satu olahraga bidang perkartuan ini?

 

  1. Rollersport

Cabor baru yang terakhir ada Rollersport nih, sobat. Ada yang tahu apa itu Rollersport? Rollersport adalah cabang olahraga yang terdiri dari skateboarding dan rollerskate. Jenis olahraga ini berasal dari Belanda pada abad ke-17 oleh seorang penggemar Ice Skating. Pada tahun 1863 James Leonard Plimton’s pencipta Rocking Skate yang kemudian ia patenkan menjadi sangat populer di Inggris, Austria dan Amerika. Di Indonesia sendiri, pertama munculnya sepatu roda saat penjajahan Belanda, kemudian menjalar ke anak-anak orang Indonesia yang kebetulan orang tuanya bekerja pada Belanda saat itu. Sampai pada 7 Oktober 1979 terbentuk Pengda Perserosi DKI Jakarta. Pada tanggal 24 – 26 April 1981 dilaksanakan Munas Perserosi I, diikuti oleh 10 utusan Pengda Perserosi.

 

Nah, jadi itulah deretan cabang olahraga baru yang ada dalam Asian Games 2018 kali ini. Apa salah satunya olahraga favorit sobat Pastel?

No comments yet. Be the first one to leave a thought.
Leave a comment

Leave a Comment