Keseruan Road Show Arki 2018 di Tanah Way Jepara

Keseruan Road Show Arki 2018 di Tanah Way Jepara

-kemeriahan foto bersama para Kreator Masa Depan di SMAN 1 Way Jepara

Road show Akademi remaja Kreatif Indonesia (ARKI) 2018 disambut hangat peserta pada 26 juli 2018. Acara berlangsung di SMAN 1 Way Jepara, kabupaten Lampung Timur. Dibantu oleh pihak sekolah, alumni arki juga pengurus OSIS kegiatan dihadiri oleh kurang lebih 100 siswa beserta para guru juga pembina ekstrakulikuler dan gerakan lilterasi sekolah.

 

Kegiatan dimulai pada pukul 9.00 waktu setempat. Para siswa mulai berderet lesehan sejak 15 menit sebelumnya. Tampak wajah-wajah pagi yang cerah, meski udara ucup panas di Way Jepara. Tepat pukul 9.00 acara dibuka oleh MC, seorang gadis imut berkedung biru gelap, selaras degan seragamnya. Dilanjutkan oleh sambutan dari pak Darto, selaku wakil kepala sekolah bidang kesiswaaan. Dalam sambutannya bapak Darto, mengungkapkan kegembiraannya, juga harapan pada para siswa untuk bisa menggali pengetahun dari kegitan yang diselenggaran saat itu.

 

Terus, ada apa jadi Road show ARKI 2018?

 

Acara ini merupakan rangkaian kegiatan menuju pelaksanaan final Festival Literasi sekolah. Ada tiga macam lomba yang di selenggarakan yaitu; Cipta Syair, cipta Cerpen, dan cipta Komik. Acara final akan berlangsung pada 26- 31 Oktober 2018 mendatang. Sedangkan seleksi karya lomba telah berlangusng sejak 1 Juni 2018 dan akan ditutup pada 31 Agustus. FLS sendiri merupakan buah dari kerja sama penerbit Mizan dengan Direktorat Jendrat kementrian pendidikan dasar dan menengah Republik Indonesia, untuk mengembangkan potensi remaja di dunia literasi.

 

Dalam Road show ARKI 2018 dibagikan kiat-kiat sukses untuk bisa menjadi finalis Festival Literasi Sekolah. Mulai dari syarat lomba, pemiliha tema, juga trik-trik lain yang bisa dilakuan peserta dalam berkarya baik Syair, Cerpen maupun Komik. Selain itu juga membuaka wawasan siswa dalam dunia kepenulisan juga penerbitan buku remaja.

 

Pemberian bingkisan untuk siwa SMAN 1 Way jepara diwakili oleh ketua Osis SMAN 1 Way Jepara

 

berpamitan kepada Wakasek Keseswaan SMAN 1 Way Jepara

 

Kegiatan saat itu, hadiri juga oleh Hafifah Azahra, Zahra begitu dia akrab disapa. Dia salah seorang penulis muda yang sempat menjadi finalis Arki 2 tahun berturut-turut di tahun 2015 dan 2016 untuk mata lomba cerpen mewakili Lampung. Dalam kesempatan itu Zahra, membagi pengalaman kepada adik-adiknya selama menjadi finalis Arki, juga memotifasi adik-adiknya dalam dunia kepenulisan. Selain itu dipertontonkan juga video kilas baik kegiatan Final tahun 2017 dan 2015.

 

Sesi tanya jawab cukup hangat, dan seru disambut peserta dengan barbagai macam pertanyaan, tentang teknik menulis, juga hal-hal yang berkaitan dengan lomba. Sebelum kegiatan berakhir, diadakan juga kuis juga tantangan yang tidak kalah serunya untuk para peserta.

 

Kegiatan berakhir dengan habisnya bingkisan beberapa saat sebelum adzan dzuhur memanggil. Setelah berfoto bersama semua beramahtamah, kemuadian menyiapkan amunisi masih-masing untuk berkarya dan bisa kembali berjumpa di Oktober mendatang, mempersiapkan diri menjadi salah seorang KREATOR MASADEPAN.

 

(fuad)

No comments yet. Be the first one to leave a thought.
Leave a comment

Leave a Comment