Roadshow ARKI / FLS di Tanah Anggrek Hitam

Roadshow ARKI / FLS di Tanah Anggrek Hitam

Jam menunjukkan pukul 11.00 WITA ketika pesawat perintis yang saya tumpangi mulai bergetar hebat. Sungai Mahakam terlihat berkelok-kelok dikelilingi tanah hijau. Tidak berselang lama, tanah jalanan yang kecoklatan semakin nampak jelas bersama atap-atap rumah yang menyilaukan. Hanya membutuhkan setengah jam perjalanan udara dari Bandara Sepinggan Balikpapan ke Melak, Kutai Barat. Kabarnya, jika menempuh perjalanan darat, kita harus bersiap menghabiskan waktu hingga 12 jam.

 

Roadshow ARKI/ FLS kali ini terasa berbeda bagi saya. Memang bukan lokasi terjauh yang pernah saya datangi, namun usaha menuju ke Kutai Barat ini benar-benar menambah pengalaman saya. Apalagi harus menggunakan pesawat perintis. Naik pesawat yang lebih besar saja masih sering dilanda panik.

Roadshow kali ini kami bekerja sama dengan SMA Negeri 3 Sendawar. Diselenggarakan pada Selasa 7 Agustus 2018, acara dihadiri oleh sekitar 30 orang yang terdiri dari siswa dan guru SMA Negeri 3 Sendawar dan perwakilan dari sekolah-sekolah sekitar. Jarak yang sangat jauh antar sekolah menyulitkan kami untuk mendatangkan lebih banyak audience, padahal beberapa hari sebelum keberangkatan, saya mendapat info bahwa banyak sekolah yang ingin mengikuti acara ini. Selain sosialisasi mengenai ARKI/ FLS, di acara ini juga peserta mendapat pelatihan mengenai cara menulis kreatif dan tips serta trik lolos ARKI/ FLS 2018.

 

 

 

 

Festival Literasi Sekolah (FLS) adalah sebuah program literasi yang diadakan oleh Direktorat SMA Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia bekerja sama dengan Penerbit Mizan. Program ini telah terselenggara sejak 2015 dan awalnya bernama Akademi Remaja Kreatif Indonesia (ARKI). Tiap tahun tim Kemendikbud dan Penerbit Mizan mengunjungi sekolah-sekolah untuk menyosialisasikan program literasi ini agar lebih banyak siswa SMA di Indonesia yang tahu dan terlibat.

ARKI/ FLS melombakan 3 kategori, yakni Lomba Cipta Cerpen, Cipta Syair dan Cipta Komik. Program ini telah mengundang banyak pengisi acara dari kalangan professional, akademisi maupun praktisi untuk memberikan pemahaman literasi kepada para Akademia. Program ini juga diisi dengan berbagai agenda edukatif dengan cara yang menyenangkan.

 

(reevi)

No comments yet. Be the first one to leave a thought.
Leave a comment

Leave a Comment