Kamu Boros? Ikutin Tips Mengelola Keuangan ini!

Kamu Boros? Ikutin Tips Mengelola Keuangan ini!

Katanya, generasi milenial dan generasi Z itu adalah generasi paling boros. Apalagi generasi Z, mereka yang lahir antara tahun 1996 – 2010. Seperti dikutip dari gogirl.id, generasi Z adalah generasi internet native di mana penggunaan internet dan gadget begitu melekat dalam kesehariannya. Kalian hitung sendiri deh, ada agenda hangout di cafe hits yang instagrammable buat dipamerin di media sosial, kebiasaan belanja online, keinginan buat ganti hp, mau ini-itu pake kurir online, belum lagi paket internet buat mengakses semua kebutuhan tadi. Itu semua baru pengeluaran yang berhubungan sama teknologi. Belum kebutuhan yang lainnya!

Makanya, belajar mengatur keuangan itu penting banget! Buat kalian generasi milenial, kita kasih deh tips mengelola keuangan supaya gak boros. Check it out!

 

Lakukan Budgeting

giphy.com

Melakukan budgeting bisa dilakukan setiap bulan. Hal ini bertujuan untuk memonitor pengeluaran dan pemasukan kamu supaya seimbang.

Contoh budgeting bulanan Dilan:

Gaji/Uang saku: 5.000.000

Bayar kost:      1.000.000

Makan:            1.000.000

Paket internet: 200.000

Transport:       200.000

Skincare:         300.000

Hiburan:         500.000

Total:              3.200.000

Sisa:                 1.800.000

Setelah itu, disiplin! Jangan banyak pengeluaran diluar list tersebut, dan sisa uangmu bisa untuk tabungan jangka panjang seperti investasi, rencana pendidikan, atau bahkan rencana travelling.

Buang gengsi, pilih yang hemat-hemat aja!

pexels.com

Gak usah gengsi kalau kamu harus jadi beda dari temen-temen. Tujuannya untuk menghindari hal yang tidak diperlukan. Langkah awalnya adalah dengan menentukan prioritas. Misalkan kita mau ngerjain tugas kelompok bareng temen. Ngerjain tugas di cafe hits emang keliatan keren, tapi artinya kamu harus jajan. Tau sendiri kan, harga jajanan di cafe itu jauh lebih mahal dibandingkan di warung biasa. Nah, mending kerja kelompok di rumah atu perpustakaan aja deh. Tujuan utamanya kan ngerjain tugas, bukan hangout.

Berburu Diskon

sejarahri.com

Kamu seneng belanja dan ingin selalu up-to-date? Supaya gak boros, belanja juga harus cerdik. Catet tanggal hari-hari besar yang kemungkinan jadi musim diskon. Misalnya Imlek, Tahun Baru, Idul Fitri, Natal atau HUT RI. Biasanya pusat perbelanjaan dimanapun selalu berlomba-lomba untuk menarik konsumen dengan promo gede-gedean. Tapi, kita harus lebih cerdik lagi. Setiap musim diskon memiliki karakteristiknya masing-masing. Misalnya waktu Idul Fitri diskon itu lebih cenderung pada produk fashion, sedangkan saat Natal produk elektronik cenderung lebih banyak didiskon.

 

Semakin kita beranjak dewasa, semakin banyak hal yang harus kita manage. Dan sudah seharusnya kita merencanakan masa depan mulai dari sekarang. Kalau kata Hamish Daud sih “20’s is for learning, 30’s is for earning” jadi memang sudah seharusnya kita belajar mengelola keuangan dari sekarang.

No comments yet. Be the first one to leave a thought.
Leave a comment

Leave a Comment