Manga dan Manhwa, Serupa Tapi Tak Sama

0
Manga dan Manhwa, Serupa Tapi Tak Sama

Manga dan Manhwa memang sama-sama jenis komik yang ada di pasaran. Tapi ternyata masih banyak yang belum tahu perbedaannya, lho!

Perbedaan paling mendasar adalah Manga berasal dari Jepang, sedangkan Manhwa berasal dari Korea. Kebanyakan sih Korea Selatan.

Kalau diperhatikan style gambarnya juga cukup berbeda. Manga terlihat lebih proporsional, kasar, dan beragam. Sedangkan Manhwa terlihat lebih halus namun seragam.

Satu hal yang membuat Manhwa lebih unggul dari Manga adalah karena komiknya berwarna. Hal ini dikarenakan penyebaran Manhwa biasanya lewat media online, seperti Webtoon. Makanya lebih mudah untuk menyediakan gambar berwarna. Berbeda dengan Manga yang mayoritas masih setia dengan format cetak.

Untuk cerita, keduanya memiliki genre beragam. Mau yang lucu, horor, action, atau romance? Ada, kok. Meskipun Manhwa lebih dikenal dengan genre romancenya.

Salah satu Manhwa yang terkenal adalah Cheese In Trap. Bahkan Manhwa ini sudah dibuat versi dramanya, lho!

Manga juga tidak sedikit yang diangkat ke layar kaca. Namun biasanya dalam bentuk anime. Tapi ada juga yang diangkat dalam bentuk anime maupun live action, seperti Death Note dan Ao Haru Ride.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa perbedaan Manga dan Manhwa. Kamu lebih suka baca yang mana?

 

[Oleh : Aulia]

LEAVE A REPLY