5 Kebiasaan Orang Indonesia yang Dipengaruhi Budaya Asing

0
5 Kebiasaan Orang Indonesia yang Dipengaruhi Budaya Asing

Sadarkah kamu bahwa Indonesia mengalami banyak perubahan akibat adanya globalisasi dan modernisasi. Perubahan memang selalu mengarah menjadi baik, tetapi ada juga yang menjadi tidak baik karena ketidaksesuaian dengan kebiasaan di Negara kita. Berikut adalah contoh-contoh perubahan kebiasaan orang Indonesia yang dipengaruhi negara lain.

  1. Cara Berpakaian dan Berdandan

Dewasa ini, cara berpakaian dan berdandan masyarakat mengikuti perkembangan fashion dari negara lain. Informasi-informasi yang didapatkan sekarang dengan mudah diakses melalui internet, media sosial yang biasanya didapatkan dari idola kita. Hal ini biasanya diakibatkan trend yang sedang berkembang setiap waktu dan menyebabkan kita menjadi mulai memperhatikan penampilan kita. Terlebih untuk para wanita nih yang selalu mengikuti trend seperti cara make-up glowing dan lainnya.

 

  1. Jenis Hiburan

Jenis hiburan orang Indonesia sekarang sudah mulai mengadopsi dari budaya asing. Banyak dampak positif yang didapat tetapi juga ada dampak negatif yang diakibatkan. Sekarang ini jenis hiburan masyarakat Indonesia semakin banyak dan bervariasi seperti bermain game controller, Virtual Reality, Augmented Reality, dan menyukai musik-musik kpop, barat dan lainnya. Nah, karena kita menyukai musik dari negara lain biasanya kita jadi termotivasi ingin belajar bahasa dari negara tersebut bukan??. Tapi akibatnya kita jadi meninggalkan permainan tradisional atau permainan khas dari Indonesia.

 

  1. Gaya Hidup

Gaya hidup atau lifestyle masyarakat Indonesia juga sudah banyak dipengaruhi oleh budaya asing loh. Ada dampak positif dan negative dari lifestyle ini bergantung dari pemilihan kita. Sebagian masyarakat sudah menerapkan gaya hidup yang lebih baik seperti tepat waktu, workaholic, vegetarian. Tetapi ada juga dampak negatif yang didapat jika memilih gaya hidup yang salah seperti suka memakan junk food, mengkonsumsi minuman keras, dan lainnya.

  1. Gaya Berkomunikasi

Sekarang berkomunikasi sudah sangat mudah dilakukan karena berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi yang merubah gaya berkomunikasi kita. Proses berkomunikasi dapat dilakukan dengan mudah melalui sms, email, atau menggunakan media sosial seperti line, whatsapp, telegram atau skype. Kita jadi lebih aktif berkomunikasi secara online ketimbang harus mengirim surat-menyurat seperti dahulu.

 

  1. Gaya Berpacaran

Gaya berpacaran orang Indonesia juga mengalami perubahan dari negara lain. Kebanyakan orang beradaptasi dan mengikuti perkembangan zaman dan mengganggap sebagai hal yang biasa tanpa memikirkan kondisi di Indonesia sendiri. Seperti perayaan hari valentine atau perayaan lainnya yang mengikuti trend budaya asing.

 

Nah tadi beberapa kebiasaan orang Indonesia yang sudah mulai dipengaruhi budaya asing. Budaya asing kadang memang lebih menarik, tetapi setiap perubahan ada dampak positif dan negatif. Maka kita harus pintar memilih perubahan yang baik dan sesuai dengan budaya Indonesia sendiri ya.

 

[Oleh : Widia]

LEAVE A REPLY