10 Tips Menulis Novel Remaja di Wattpad

10 Tips Menulis Novel Remaja di Wattpad

Apa sih yang kalian tahu dari Wattpad? Tempat curhat? Diary online? Atau novel yang bisa dibawa kemana-mana? Mungkin banyak diantara kalian yang udah gak asing lagi dengan Wattpad, atau bahkan udah jadi pembaca langganannya Wattpad. Wattpad kini menjadi salah satu platform menulis online yang menjanjikan bagi para penulis. Beberapa cerita yang ditulis disana sukses hingga memenuhi toko-toko buku besar.
Well, kepikiran gak sih buat gak cuma jadi sekedar pembaca setia di Wattpad, yang nulis cerita-cerita disana misalnya? Kayak novel remaja ‘Ketua Osis Koplak’ karya Wisnu Maulana,‘Arjuna Kirana’ karya Pricilia Chang, dan ‘Athlas’ karya Katakokoh. Buat kalian yang mau memulai nulis tapi belum tahu langkah-langkahnya, nih aku kasih tau beberapa tipsnya dibawah ini.

1. No Plagiarism

Plagiat dalam menulis adalah hal yang sangat fatal. Ini udah jadi sebuah keharusan untuk tidak melakukan plagiarism, bukan lagi tips ya. Kalian gak bisa mengklaim atau meniru yang udah ditulis sebelumnya, lalu menyalinnya begitu saja. So, say no to plagiarism!

2. Menulis Berdasarkan Pengalaman


Buat kalian yang baru nulis pertama kali, coba deh tulis sesuatu yang pernah kalian alami. Dengan begitu, kalian bakal lebih mudah buat memulai cerita, bahkan dengan bahasa kalian sendiri.

3. Membaca


Sering-sering baca buku dari para penulis terkenal, atau cerita-cerita di Wattpad bakal ngebantu kalian nentuin alur yang mau kalian buat dan kalian juga bakal belajar banyak tentang gaya kepenulisan. Biasanya, banyak baca buku bakal ngebantu kalian sadar lebih condong kemana, sih gaya penulisan kalian dalam menulis. Dan, kalo kalian pernah ngalamin hal yang disebut ‘writer’s block’, baca-baca buku bakal ngebantu kalian banget buat dapatin ide kalian lagi.

4. Buatlah Sketsa (Outline)


Hal ini yang sebaiknya ada dalam menulis, jadi kalian semacam punya sesuatu yang bisa nuntun kalian ketika nulis. Ini juga memudahin kalian dalam mengatasi ‘writer’s block’. Tandai skenario/bagian-bagian penting yang akan ada pada setiap bab, so kalian gak akan salah langkah atau babnya melompat dari satu bagian ke bagian yang lain.

5. Selalu Bawa Catatan Kemanapun


Hal ini bener-bener ngebantu banget loh. Pasalnya, kalian gak akan tahu kapan sebuah ide untuk alur yang bagus muncul. Kalo itu masih ribet, handphone kalian juga bisa jadi wadah buat.nyatet. Kalian bisa nyatet apapun yang tiba-tiba muncul dikepala sebelum itu ngilang dan kalian lupa.

6. Amati Orang lain, Dengarkan Lewat Percakapan


Hal ini bukan berarti motong saat orang lain ngomong ya guys. Ini seperti halnya mahamin perangai mereka, mengetahui yang mereka pikirin, juga kebiasaan-kebiasaan mereka. Yang kalian tangkep pasti berguna/bermanfaat dalam membangun karakter kalian.

7. Jangan Menulis Kalo Lagi Gak Pengen Nulis

Kalo gak, kalian gak akan puas sama yang lagi kalian tulis. Jangan paksakin otak kalian lebih dalam buat mikirin sesuatu untuk ditulis ketika kalian dalam keadaan gak mood buat nulis. Lagi, baca-baca buku lain ketika hal ini terjadi. Ini bakal bikin kretifitas nulis kalian balik lagi.

8. Draft Sebelum Memposting


Hal ini bisa ngehindarin kesalahan penulisan dan pengeditan naskah cerita beberapa kali setelah kalian mempostingnya ya guys, karena itu bener-bener melelahkan. Biarin tangan kailan ngetik apapun yang ada dipikiran kalian. Baca dan koreksi lagi yang butuh dikoreksi dari tulisan kalian. Jangan dulu memposting hanya karena kalian udah beres nulisnya, itulah alasan kenapa adanya proof-readers.

9. Ikuti Aturan Penulisan

Ikuti aturan penulisan, kayak memperhatikan penggunakaan tanda baca, menggunakan huruf kapital pada setiap kata yang mengawali kalimat, dsb. Karena baca cerita yang punya banyak kesalahan penulisan bener-bener gak enak sama sekali dan itu bisa nurunin minat dari si pembaca. Kalian juga pasti gak mau ngelakuin kesalahan-kesalahan yang lain ‘kan?

10. Hindari Teks Obrolan

Pernah gak sih guys, kalian baca tulisan dari penulis terkenal yang make teks obrolan dalam buku/novelnya? Gunakan itu kalo emang dibutuhin (contohnya ketika si karakter ngirim/nerima pesan dari seseorang). Tapi kalo formatnya dipake dalam keseluruhan cerita, kalian bakal kehilangan pembaca dan bahkan dapet komen buruk atau kritik pedes. Kalo kalian pengen jadi penulis terkenal, menulislah seolah-olah kalian seorang penulis professional.

 

Well, segitu dulu tips-tips yang bisa aku tulis buat kalian, tapi jangan cuma berpatok pada tulisan ini loh guys! Belajarlah dari banyak hal dan pasti lebih banyak penulis yang tips-tipsnya bisa dikembangkan dan dijadikan panutan buat kalian. So, mulai nulis ya dari sekarang. Selamat menulis!

No comments yet. Be the first one to leave a thought.
Leave a comment

Leave a Comment