3 tipe macan kampus yang wajib diwaspadai, maba wajib baca!

0
3 tipe macan kampus yang wajib diwaspadai, maba wajib baca!

Macan kampus adalah julukan bagi mahasiswa yang masih “betah kuliah” walaupun sudah melebihi tahun idealnya dia lulus. Gak jarang juga mahasiswa ini kuliah sampai semester 2 digit. Mahasiswa yang satu ini sering juga disebut sebagai mahasiswa abadi karena tak kunjung lulus dan terkesan sudah lama sekali menghuni kampus. Ada yang benar-benar sibuk karena produktif dalam melakukan hal lain seperti bekerja sehingga kuliahnya terbengkalai, ada juga yang alasannya bikin geleng-geleng kepala. Nah, berikut tipe macan kampus yang wajib diwaspadai kalo kamu ga mau jadi salah satunya!

 

1. Macan Kampus Skripsi

Spesies satu ini yang paling banyak ditemui di kampus-kampus Indonesia. Seluruh mata kuliah sudah berhasil diselesaikan, tinggal satu langkah lagi untuk lulus namun ternyata skripsinya stuck dan harus ngaret bertahun-tahun. Alhasil mahasiswa tipe ini ga lulus-lulus Cuma karena skripsinya belum selesai, saying bangetkan! Untuk spesies ini rata-rata alasannya karena memang males untuk menyusun skripsi guys, terlalu banyak alasan untuk nyusun skripsi.

Ada yang bilang dosen pembimbingnya ribetlah, susah ditemuinlah, revisi mululah, biaya nyusun skripsi mahal lah, duh ada aja deh alasannya, padahal itu tergantung niat diri sendiri. Untuk menghindari jadi spesies ini, kami sarankan untuk terus sharing dalam kelompok dan teman-teman kamu karena mereka akan terus support dan kamu juga jadi akan terpacu untuk menyelesaikan skripsimu biar bias wisuda bareng.

2. Macan Kampus Gamers

Untuk spesies macan ini kadang masih bias ditemukan di kampus guys. Rata-rata macan kampus yang satu ini belum lulus kuliah karena terlalu asyik main online game semasa kuliah. Ga jarang biasanya mereka berkelompok di sekitar kampus sambil main game di laptopnya seolah kampus milik mereka sendiri. Sehabis kuliah pun main game di kosan atau di rumah sampai tugas-tugas kuliah lupa dikerjain.

Biasanya level gamers yang jadi macan kampus ini udah sangat akut, tiada hari tanpa main game hingga akhirnya kuliah terbengkalai. Alhasil kuliah ga lulus-lulus deh. Main game sih boleh-boleh aja karena bias menghibur, menambah wawasan dan menghilangkan stress. Tapi kalau udah sampai melupakan kewajiban itu gawat sih, setuju guys?

3. Macan Kampus Organisasi

Kalau tipe macan yang satu ini biasanya terlalu menikmati masa kuliah. Berorganisasi sangat disarankan ketika kamu menjadi mahasiswa karena akan menambah pengalaman dan memperluas networking. Tapi kalau sudah jadi mahasiswa tua dan teman-teman seangkatan sudah pada lulus semua dan macan ini sudah belasan semester dan hampir drop out rasanya sudah terlalu kebablasan. Bagaimanapun life must go on, berorganisasi gak selamanya harus berstatus mahasiswa guys. Setelah lulus kuliah pun kamu tetap bias berorganisasi, bahkan ke level yang lebih tinggi. Jadi, jangan lupa untuk menunaikan kewajiban dulu ya!

Ada kalimat yang mengatakan bahwa “luluslah pada waktu yang tepat bukan luluslah cepat-cepat”. Ungkapan itu gak ada salahnya sih, tapi kalau bisa lulus segera kenapa enggak kan? Kita bisa belajar mengatur manajamen waktu dan skala prioritas yang baik selama menjadi mahasiswa, sebisa mungkin aktif di akademis dan non akademis, sehingga pada akhirnya kita bisa lulus dengan tepat. Apalagi kalau biaya kuliah masih ditanggung orang tua, gamau makin ngerepotin, kan?

[Oleh : Ilyas]

LEAVE A REPLY