Cerita-Cerita Misteri Berlatar Belanda

0
Cerita-Cerita Misteri Berlatar Belanda

Selain meninggalkan jejak sejarah, ternyata masa penjajahan Belanda di Indonesia juga meninggalkan kisah-kisah misteri yang melegenda. Tidak heran jika banyak kisah misteri yang berlatarkan Belanda. Pasalnya, penjajah memperlakukan warga jajahannya dengan cara yang tidak adil, tidak berkeperimanusiaan dan kadang mengerikan untuk dibayangkan sekalipun. Alhasil, muncul cerita-cerita yang menjadi misteri selama puluhan tahun dan dipercaya oleh masyarakat kita. Apa saja cerita misteri yang berlatar Belanda? berikut beberapa di antaranya.

 

1. Kisah di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ)

Bangunan Belanda

Ilustrasi via: pinterest.com

Gedung yang diresmikan oleh pemerintah Hindia-Belanda pada tahun 1821 ini dulu bernama Schouwburg. Gedung tersebut merupakan tempat para seniman dari seluruh Nusantara mempertunjukkan hasil kreasi seninya, seperti drama, teater, film, sastra, dan lain sebagainya. Namun siapa sangka, ternyata gedung ini memiliki kisah misteri yang sering menjadi perbincangan hangat warga sekitar. Konon, sering muncul penampakan wanita Belanda pada saat pementasan berlangsung. Kabarnya wanita tersebut merupakan seniman yang dulu sering tampil disana dan meninggal mendadak sesaat sebelum pementasan dimulai. Mungkin ini yang dinamakan arwah penasaran, penasaran mau tampil.. hehe..

2. Kisah di Museum Fatahillah

Belanda

Ilustrasi via hipwee.com

Museum yang berada di Kawasan Kota Tua ini memang salah satu tempat yang ikonik di Jakarta. Dibangun pada tahun 1620 gedung ini dijadikan sebagai kantor pemerintahan colonial belanda, sebelum akhirnya beralih fungsi menjadi museum sejarah. Kisah misteri yang paling legendaris dari bangunan ini adalah ruang bawah tanah yang dulunya adalah tempat tahanan. Konon di sana sering terdengar suara teriakan minta tolong dan suara isak tangis, tidak jarang juga di tempat itu muncul aroma darah yang menyengat. Menurut cerita yang beredar, suara itu adalah suara-suara tahanan yang meminta tolong saat disiksa dan akan dieksekusi mati. Ngebayanginnya aja udah bikin bulu kuduk berdiri, guys….

3. Kisah Sumur Tua di Pulau “Kematian” Nusa Kambangan

Belanda

Ilustrasi via: travel.detik.com

Pulau di mana terdapat sebuah penjara para penjahat kelas kakap sering dihukum mati, yaitu Nusa Kambangan. Jauh sebelum itu, pulau ini merupakan markas para penjajah Portugis yang kemudian diambil alih oleh Belanda yang berupa Benteng Karang Bolong. Menurut saksi sejarah benteng itu sering menjadi tempat eksekusi para pekerja paksa yang sudah tak berdaya dan dianggap sebagai beban. Jasadnya kemudian dibuang ke dalam sumur tua di dekat benteng tersebut. Konon, di sekitar benteng dan sumur tersebut sering kali terjadi penampakan warga pribumi yang penuh luka, suara merintih kesakitan dan bahkan manusia tanpa kepala…

4. Kisah di Kantor Gubernur Jawa Timur

Bangunan Belanda

Ilustrasi via okezone.com

Gedung Negara Grahadi yang berada di Surabaya ini didirikan pada masa pemerintahan Belanda pada tahun 1795. Awalnya gedung ini digunakan sebagai tempat para pejabat Belanda. Usia gedung yang sangat tua dan bersejarah ini juga punya kisah mistis yang beredar di masyarakat setempat. Konon sering terjadi penampakan nona Belanda di lantai 2 gedung tersebut yang kabarnya merupakan seorang pejabat belanda yang bunuh diri karena suaminya tewas dalam pertempuran.

5. Kisah di Villa Yuliana

Belanda

Ilustrasi via: bugiswara.com

Villa yang satu ini berada di Kabupaten Soppeng, Sulawesi selatan. Didirikan pada tahun 1905 dan diberi nama sesuai dengan nama Ratu Wihelmina, dulunya gedung ini digunakan untuk pejabat belanda di Indonesia. Dari cerita masyarakat yang beredar, gedung yang kini beralih fungsi jadi museum ini memiliki kisah misteri, konon banyak petugas museum dan pengunjung yang dikerjai oleh “penghuninya”. Suatu kisah seorang petugas tidur di lantai 2 lalu saat bangun ternyata dia ada di lantai 1, selain itu juga sering sekali terdengar suara wanita menangis. Kabarnya suara itu merupakan Ratu Wihelmina yang tak sempat berkunjung ke villa.

Setiap gedung pasti menyimpan sejarah dibaliknya, banyak juga yang menyimpan rahasia yang tidak terungkap. Kamu, generasi pastel, punya cerita seram tentang gedung tua atau bahkan, tentang rumahmu sendiri? Bagi-bagi dong..

 

[ Oleh : Ilyas ]

LEAVE A REPLY