Buat Kalian Mahasiswa Baru, Ini Trik Berbaur di Kampus Baru

Buat Kalian Mahasiswa Baru, Ini Trik Berbaur di Kampus Baru

Buat kalian yang berstatus mahasiswa baru apalagi merasa rada-rada introvert, mungkin akan muncul pemikiran “Gimana cara punya temen di kampus baru nanti, yah?” atau “Duh, takut gak punya temen..”, santai aja. Hampir sebagian besar orang yang masuk ke lingkungan baru merasakan ini dan terkadang hal yang kita takuti gak semuanya terbukti benar. Nah, maka dari itu, 5 trik ini bisa bikin kamu berbaur dengan temen-temen di kampus baru. Simak yaa..

1. Lucu dan Asik

Lucu dan asik ini bukan berati kita harus jago lawak ya. Menurut studi yang dilakukan para peneliti seperti yang dilansir metrotvnews.com (19/12/2015), bahwa melucu merupakan kemampuan dari kognitif seseorang dan menunjukan lebih cerdas. Kalau asik disini lebih ke jangan sampai kaku-kaku banget menghadapi temen-temen yang baru. Dibawa santai aja, pasti orang disekitar kita juga bakalan nyaman berada di deket kita. Hati-hati ada yang baper yaa…

2. Mau disuruh-suruh


Nah, kalau ini sih lebih ke teknis. “Maksudnya apa nih mau disuruh-suruh?, jadi pembantu?”, gak gitu juga. Terkadang, kalau beberapa dari kita merasa “gue gak lucu orangnya, gimana dong?”. Cara ini bisa dicoba, tapi ya jangan baperan. Cara ini terbukti ampuh, apalagi kalo kita ingin berbaur sama para senior. Merintis kedudukan dari bawah lebih baik, loh, guys, hehehe.

“Pada lemes gini, ngopi dulu lah.. Bro, beliin kopi yah 5. Duitnya dari lu dulu”
“Sss…iap, Bang”

 

3. Gabung Sama Geng Paling Hits


Masalah geng-gengan gini sih biasanya cewek banget, hehehe. Tapi, cara ini juga gak salah kok dan bisa di aplikasikan para cowok juga, asal dalam hal kebaikan ya. Kenapa gabung geng hits bisa bikin kita mudah untuk berbaur?, soalnya, yang namanya geng pasti banyakan, gak mungkin sendiri. Jadi, disitu kalian udah bisa berbaur secara otomatis, minimal sama temen geng. Ditambah dengan kedudukan geng yang hits, udah pasti kalian bakal terlihat eksis sama temen-temen lain diluar geng karena otomatis nama kalian ke angkat juga. Biasanya sih, anggota geng hits ini suka banyak yang ngecengin, hahaha.

4. Punya Mental Kuat

Hah? Apaan nih? Emang masuk Akademi Tentara harus punya mental kuat segala?. Gini loh temen-temen, dunia kampus itu beda sama waktu zaman di SMA, SMP, apalagi SD. Orang-orang di kuliahan itu umumnya baru menuju tahap dewasa dari cara sikap dan pola pikir (egonya juga masih tinggi), terus di dunia perkuliahan itu orangnya datang dari berbagai daerah, jadi pasti dari watak dan kepribadian juga banyak perbedaan dan kita harus bisa menyikapi dengan wajar tanpa baper atau emosian. Oleh karena itu, kalo mental kita gak kuat, kita bakalan susah berbaur sama temen-temen dan sering merasa gak cocok. Caranya gimana?, banyak. Salah satunya, aktif dan gabung sama himpunan di jurusan, ikut UKM, atau forum diskusi. Disana kita dilatih untuk aktif bersosialisasi, cara menyampaikan pendapat, ngomong di depan banyak orang, ngerayu, ngajak jalan, ….eh, hahaha

5. SKSD


Tau kepanjangan SKSD kan? Akronim ini nge hits banget pada zamannya, yang artinya Sok Kenal Sok Dekat. Cara ini sih cuma orang-orang tertentu aja yang sanggup. Kenapa?,karena cara ini membutuhkan tingkat kepercayaan diri yang tinggi banget. Tapi, cara SKSD ini bisa dibilang paling ampuh kalau untuk masalah ingin bisa berbaur, cuma masalahnya adalah apakah diterima dengan baik atau tidak. SKSD ini multifungsi, guys. Gak hanya bisa diaplikasikan ke temen, tapi kesiapapun; bisa ke Dosen, penjaga kantin, satpam, atau gebetan. Dan tingkat keberhasilan untuk punya relasi baru dan jaringan yang luas dengan cara ini berbanding lurus dengan dikucilkan. Pinter-pinter pakai cara ini, soalnya kalau berhasil, kalian tidak dapat membayangkan manfaat yang sangat luar biasa.

Jadi, berdasarkan 5 trik cara berbaur di kampus baru diatas yang realistis; kita bisa bersikap dan menentukan pilihan kita sendiri berdasarkan kemampuan diri masing-masing. Jangan memaksakan diri, jadilah diri sendiri itu lebih baik, loh. Semangat berjuang di kampus baru ya!

 

Oleh : Fajar Fauzan
No comments yet. Be the first one to leave a thought.
Leave a comment

Leave a Comment