5 Wisata Curug di Sekitaran Kota Bogor

0
5 Wisata Curug di Sekitaran Kota Bogor

Setiap kamu dengar Kota Bogor apa yang pertama kali terlintas di kepalamu? Istana Presiden? IPB? Botani Square? Taman Safari? Ngga salah kok. Mungkin kamu akan berpikir “Ah, di Bogor apa sih gitu doang mainannya.”
Eh, tapi siapa sangka di sekitaran kota ini banyak curug cantik yang bisa jadi tujuan ketika kalian penat dengan hiruk pikuk kota. Selain sebutan Kota Hujan, sepertinya Bogor juga cocok untuk sebutan Kota Seribu Curug.
Yuk, kita simak ada air terjun apa saja di sekitar Kota Bogor.

1. Curug Cisadane Desa Ciwaluh Cigombong, Bogor.

Artikel Arki Bogor
Curug Cisadane merupakan hulu sungai Cisadane yang terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Perjalanan dapat dimulai dari Kampung Ciwaluh. Meskipun jarak yang ditempuh menuju Curug Cisadane cukup jauh, tapi hal itu terbayarkan dengan indahnya air terjun.

 

2. Curug Goa Lumut Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Bogor

Artikel Arki Bogor
Taman Nasional Gunung Halimun memang menjadi markasnya curug-curug indah. Salah satunya adalah Curug Goa Lumut. Dinamakan Goa Lumut karena pada dasar kolam terdapat banyak lumut yang menjadikan kolamnya ini berwarna kehijauan. Curug ini menjadi salah satu destinasi favorit karena jaraknya tidak terlalu jauh daro Kota Bogor. Dengan kedalaman kolam sekitar 5 meter, kamu masih bisa berenang di sini. Tapi tetap harus hati-hati ya!

3. Curug Cipatat Tenjolaya Ciapus, Bogor

Artikel Arki Bogor
Curug Cipatat merupakan nama lain dari Curug Ciampea. Terletak di Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor. Untuk sampai ke sini, kamu harus berjalan cukup jauh dengan medan yang lumayan menguras tenaga. Tapi jangan pantang menyerah, karena selama perjalanan ke Curug Cipatat, kamu akan menemukan banyak air terjun kecil yang instagramable. Salah satu yang paling terkenal adalah Green Lagoon.

 

4. Curug Leuwi Hejo Babakan Madang Sentul, Bogor

Artikel Arki Bogor
Curug Leuwi Hejo merupakan salah satu curug yang paling terkenal. Curug ini merupakan tempat yang tepat untuk bermain air. Airnya tenang, dingin, dan jernih serta memancarkan warna hijau tosca menjadi keasyikan tersendiri. Selain itu jarak tempuh baik dari kota Bogor maupun Jakarta tidak begitu jauh. Saking terkenalnya curug ini, disini kamu akan dengan mudah menemukan banyak penjual makanan dan penginapan.

 

5. Curug Cikaracak, Caringin, Bogor

Artikel Arki Bogor
Curug Cikaracak berlokasi di Dusun Cibeling, Desa Cinagara, Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor. Lebih tepatnya, curug ini berada di kaki Gunung Gede Pangrango. Curug ini terkenal karena bebatuan besarnya yang menguji adrenalin. Medan menuju curug ini memang tergolong tidak mudah. Setelah sampai di Dusun Cibeling, kamu harus terus masuk ke dalam hutan dan mengarungi sungai dengan bebatuan besar. Pastikan ketika kamu datang ke sini tidak sedang turun hujan ya, karena air sungai akan naik dan menghalangi jalan.

Itulah beberapa air terjun di Bogor. Untuk ukuran kota yang tidak terlalu luas, Bogor tergolong memiliki banyak air terjun. Bisa nih next weekend ke Bogor buat liburan..

 

Oleh : Auliya

LEAVE A REPLY