4 Tipe Pencari Kerja, Cara Kamu Efektif Gak?

0
4 Tipe Pencari Kerja, Cara Kamu Efektif Gak?

Setelah lulus sekolah, fase hidup kita itu antara nyari kerja atau lanjut sekolah ke jenjang selanjutnya. Nyari kerja bisa dibilang bukan hal yang mudah. Apalagi buat anak-anak lulusan baru yang belum punya pengalaman. Buat beberapa orang perjalanan nyari kerjaan ini jadi momen yang gak terlupakan karena kita bakal banyak dapat pengalaman baru. Kalau diperhatiin, cara setiap orang cari kerja itu ternyata macam-macam guys. Nah berikut adalah tipe-tipe pencari kerja, kalau kamu termasuk yang mana?

1. Job seeker Tradisional

joobseeker remaja

Yang satu ini bisa dibilang tipe yang paling kuno, dimana si pencari kerja keliling mengunjungi perusahaan-perusahaan yang ingin dilamar lalu menaruh surat lamarannya ke HRD perusahaan. Kalau lagi sial paling cuma bisa dititipin ke resepsionis, ga tau deh gimana nasib lamarannya kedepan. Seiring berkembangnya teknologi cara ini sudah ditinggalkan karena kurang efisien dan efektif guys. Tapi ga ada salahnya juga untuk dicoba, kan? Namanya juga usaha.

2. Job seeker Modern

joobseeker remaja

Mencari kerja sekarang cuma tinggal menggerakan ujung jari! Di era serba canggih ini asalkan ada internet, melamar kerja bisa kapan dan di mana saja. Sekarang banyak banget website atau portal yang menyediakan info lowongan kerja guys, misalnya Jobstreet, Jobs.db, Job.id dan lainnya. Kamu hanya perlu mengirimkan surat lamaran kerja melalui website tersebut. Hampir semua orang zaman sekarang termasuk pencari kerja tipe ini. Secara kita gak perlu capek dan gak perlu keluar biaya transportasi, tinggal klik, klik, selamat! lamaran kerja kamu sudah diterima perusahaan impian kamu. Tinggal tunggu panggilan interview deh.

3. Pemburu Job fair

joobseeker remaja
Job Fair merupakan suatu event yang mempertemukan para pencari kerja dengan pihak perusahaan yang sedang membutuhkan tenaga kerja. Cara yang satu ini masih menjadi pilihan bagi pencari kerja karena adanya kesempatan untuk bertemu langsung dengan pihak perusahaan, tidak hanya menaruh surat lamar tak jarang di Job Fair ini kita bias langsung proses interview kerja juga. Untuk tipe pemburu Job Fair ini biasanya si pencari kerja rajin mengunjungi Job Fair, bahkan tak jarang yang harus keluar kota lho. Demi bisa dapat pekerjaan impian apa pun dilakukan, karena percaya deh kerja keras tak akan mengkhianati hasil.

4. Si Jago Networking

joobseeker remaja

Biasanya tipe yang satu ini dapat kesempatan kerja dari kenalan-kenalan dia guys. Misalnya kenalannya ini bekerja di perusahaan dan sedang membutuhkan tenaga kerja, dia langsung menawarkan ke orang-orang terdekatnya dulu dan biasanya lebih besar kemungkinannya untuk mendapat pekerjaan tersebut. Itu karena sebelumnya dia sudah tau kinerja dan kepribadian orang tersebut. Tipe ini biasanya mahasiswa yang rajin berorganisasi saat kuliah dulu, mengikuti event seperti seminar, konferensi atau bahkan lomba, sehingga kenalannya banyak. Pada akhirnya informasi lebih banyak dan kesempatan makin terbuka. Wajib dicoba guys buat kamu yang mau memasuki dunia perkuliahan!

 

[Oleh : Ilyas]

LEAVE A REPLY