Bukan Cuma Bom yang Bahaya, Tetapi Begadang Juga

0
Bukan Cuma Bom yang Bahaya, Tetapi Begadang Juga

Begadang. Kapan pertama kali kalian ngelakuin hal tersebut dan apa alasannya? Kalau saya sekitar kelas 3 SD, tepatnya tahun 2003. Saya bela-belain begadang cuma untuk nonton acara pencarian bakat di salah satu stasiun televisi swasta, yang iklannya segudang itu loh.Ingin tau aja siapa yang bakal tereliminasi dan harus pulang bawa koper, padahal ujung-ujungnya sih ketiduran lalu dikasih tau sama ayah saya keesokan paginya. Jadi intinya? Percuma.

Apapun alasannya, sepositif apapun, sebenernya begadang itu dilarang loh sama Bang Haji Rhoma Irama. Menurut penelitian, durasi tidur yang optimal itu 6-8 jam, syukur-syukur kalau tengah malamnya nggak kebangun karena kebelet buang air kecil. Ancaman kesehatan akan dengan setianya menghantui orang-orang yang menganggap remeh bahwa durasi tersebut cocoknya untuk anak kecil, padahal orang dewasa pun butuh tidur cukup. Hal-hal berikut ini bisa terjadi kalau kamu keseringan begadang!

 

1.Mudah Mengantuk

Yang satu ini udah pasti terjadi lah ya, nggak akan bisa menandingi takdir. Mengantuk sangat berbahaya buat pengandara mobil ataupun motor, tidak peduli sedekat apapun jaraknya. Dilansir dari prfmnews.com, dari total 337 kasus kecelakaan di jalan tol yang terjadi pada Triwulan I tahun 2017, 265 di antaranya disebabkan pengemudi yang kelelahan dan mengantuk. Masih mau maksain? Pikir-pikir lagi deh..

 

2.Gampang Gemuk

Kalau lagi begadang, enaknya ngapain sih? Yup, ngemil. Padahal udah makan malam, tapi mulut ini nggak bisa berhenti ngunyah sebelum waktu tidur itu benar-benar datang. Menurut penelitian, orang-orang yang begadang akan lebih ingin makan sesuatu dengan kandungan gula lebih tinggi pada keesokan harinya. Nggak aneh kalau ujung-ujungnya yang dicari itu yang manis-manis, yang enak di mulut doang. Bukannya makin manis, yang ada makin lebar deh itu badan.

 

 

3.Susah Konsentrasi

Ternyata, tidur berperan dalam proses berpikir sehari-hari loh, nggak cuma dalam hal ngantuk atau lelah. Kurang tidur menghambat proses pembentukan hormon kortisol yang dapat menyebabkan gangguan kognitif sehingga bagian otak yang disebut hipokampus kesulitan memperoleh dan menyimpan informasi dalam jangka panjang. Semakin sering kita begadang, semakin tinggi juga kemungkinan kita untuk menjadi pikun.

 

4.Mudah Marah

Hubungannya apa dah, begadang sama gampang marah? Emang ada yang bikin emosi malem-malem? Bukan itu, guys… Gampang marah di sini disebabkan oleh peningkatan aktivitas bagian otak yang disebut amigdala yang mengatur emosi, rasa marah contohnya. Selain itu, amigdala juga menjadi sulit mengendalikan perasaan buruk. Intinya sih, nggak bisa ngebedain yang mana yang benar atau salah. Udah kayak cewek-cewek PMS aja ya, disenggol dikit langsung ngamuk.

 

 

5.Meningkatkan resiko penyakit stroke dan jantung

Yang terakhir ini nih the best of the best. Kurang tidur nggak bisa dianggap sepele loh, resikonya berjangka panjang. Begadang juga bisa menyebabkan peradangan pada arteri yang berakibat resiko penumpukan plak sehingga terjadi penyumbatan. Hal tersebut yang nantinya akan mengganggu kerja jantung dalam memompa darah ke otak dan seluruh tubuh, memicu munculnya penyakit jantung dan stroke. Hiy, ngeri nggak tuh.

So, buat kalian sobat Pastel, mulai kurangi kebiasaan begadang ya! Karena gak ada manfaatnya. Jangan jadikan tugas sekolah atau kampus sebagai alasan kalian buat begadang, yang nyuruh ngerjain tugas semalam sebelum deadline siapa? hehe

[oleh: Riva Ayu]

LEAVE A REPLY