5 Makanan Indonesia Warisan dari Belanda, Cari Perbedaan di Nomor 2!

0
5 Makanan Indonesia Warisan dari Belanda, Cari Perbedaan di Nomor 2!

Sambil ngabuburit, paling enak, nih, kalau kita berburu makanan buat buka puasa. Tapi, tahu, enggak, sih, kalau ternyata banyak banget makanan Indonesia yang ternyata diwariskan dari Belanda? Cocok, nih, sama buku Ayah Pidi Baiq terbaru, Helen dan Sukanta, yang sebentar lagi akan terbit! Check it out!

 

1.Risoles

Jelas makanan ini enggak asing buat kalian, kan? Biasanya kalian makan risoles bareng apa, nih? Bareng kopi? Teh? Kalau Mimin, sih, sukanya makan risoles bareng si dia. Ehehehe ….

 

 

 

Nah, risoles ini bahasa Belanda-nya adalah rissole. Ya … enggak beda jauh, lah, ya, bahasanya. Tampilannya juga enggak jauh beda, kok! Coba bandingkan risoles ala Indonesia dengan risoles ala Belanda di bawah ini!

 

2.Kroket

Kroket dalam bahasa Belanda disebut kroket atau kroketten. Bentuk dan isinya juga mirip banget sama kroket Indonesia. Bentuknya lonjong, dengan isian daging dan sayur-sayuran. Kalau sekarang, sih, kayaknya kroket sudah dikreasikan dengan banyak hal. Isiannya juga disesuaikan. Biar kekinian banget, gitu, lho!

Nah, kalau kroket di bawah ini, baru asli Belanda. Coba cari perbedaannya!

Perbedaannya, selain bentuknya yang lebih panjang dan ditambah topping mayones, adalah benderanya, dong! Hehehe ….

 

3.Makaroni

Waduh, gambarnya bikin ngidam enggak, tuh? Sabar, sabar! Tunggu sampai azan maghrib, ya ….

Makaroni sekarang memang sudah termasuk makanan kekinian, karena menjamur banget. Padahal, makaroni sudah ada sejak zaman Belanda, lho! Bahasa Belanda-nya, macaroni. Maka dari itu, makaroni jadi salah satu makanan yang kita warisi.

Tidak seperti di Indonesia, di Belanda sana, cukup jarang makaroni goreng. Mereka lebih memilih merebus atau memasak makaroninya, seperti gambar di bawah ini.

 

4.Sardencis

Nyem …! Eits, belum buka, Min! Hehe ….

Sardencis di Indonesia biasanya disiram dengan berbagai macam kreasi sambal dan bumbu rempah lainnya, sehingga kebanyakan tampilannya seperti gambar di atas. Sardencis sendiri diambil dari bahasa Belanda, sardientjes.

Kalau di Belanda sana, ikan sarden bisa disajikan macam-macam.

Ada yang memang dimasak seperti kita, ada juga yang dikreasikan dengan pasta, risotto, barbeque, dan lain-lain. Contohnya di bawah ini.

 

5.Cokelat

Makanan yang bisa laris manis di tanggal 14 Februari ini ternyata juga warisan dari negeri kincir angin, lho! Bahasa Belanda-nya, chocolade. Tahu, enggak? Dulu cokelat mahal banget! Tapi, setelah cokelat menyebar luas di antara kaum elit Eropa sejak awal abad ke-17, harga cokelat jadi menurun, deh.

Nah, menariknya, Belanda menggunakan metode tersendiri, yang bikin kita kenal dengan ayng namanya cokelat susu. Mmm … enak, nih, buat buka puasa!

Itu dia 5 makanan Indonesia warisan Belanda. Kalau kalian ­pre-order novel Helen dan Sukanta karangan Pidi Baiq, makin meresapi, deh! Dijamin, selain wawasan kalian tentang Belanda semakin luas, kalian juga bakal baper enggak ketulungan! Grab it fast, sebelum kehabisan!

LEAVE A REPLY