Tempat di Alun-Alun Bandung Yang Bikin Betah di Bandung

0
Tempat di Alun-Alun Bandung Yang Bikin  Betah di Bandung

Tempat Yang Wajib Kamu Kunjungi di Alun-Alun Bandung Bikin Kamu Makin Betah di Bandung

Alun-alun kota Bandung merupakan salah satu alternative tempat wisata yang sering menjadi pilihan para wisatawan. Letak alun-alun kota Bandung yang berada di tengah Kota menjadikan tempat ini berada pada lokasi yang strategis sehingga menjadi salah satu lokasi di kota Bandung yang selalu ramai di kunjungi. Tempat yang didesain menggunakan rumput sintetis ini menjadi favorit warga untuk sekedar bersantai dan bermain-main disana, apalagi sekarang ditambah beberapa fasilitas bermain. Nah, kalau kamu lagi main di Alun-alun Bandung jangan lupa untuk main untuk mampir ketempat-tempat berikut ini juga ya!

1.Masjid Raya Bandung

Masjid ini masih menjadi bagian dari alun-alun Kota Bandung karena letaknya yang bersebelahan. Masjid Raya Bandung mempunyai dua Menara kembar yang menjadikannya destinasi wisata unik kota tersebut. Dengan menaiki menara tersebut kamu bias menikmati pemandangan Kota Bandung dengan sudut 360 derajat yang menjadikan pengalaman berkesan buat kamu. Selain itu, dengan mengunjungi tempat ini kamu juga sedang menelusuri sejarah lho. Pasalnya Masjid ini didirikan mulai pada tahun 1812 yang terus direnovasi.

2.Dalem Kaum

Tak jauh dari Masjid Raya dan alun-alun kota Bandung terdapat komplek perbelanjaan yang sudah lama terkenal di Bandung, yaitu komplek Dalem Kaum yang terletak di Jalan Dalem Kaum. Di komplek tersebut apapun ada dengan harga yang bervariasi mulai dari yang murah dan mahal sekalipun. Selain menjadi salah satu pusat pertokoan terbesar di Bandung, di Dalem Kaum ada makam Bupati Raden Adipati Wiranatakusumah II, Bupati Kabupaten Bandung ke-6 yang berjasa mendirikan Kota Bandung. Nah selain belanja kamu bisa juga deh tuh mampir untuk melihat saksi sejarah pendiri Bandung.

3.Warung Kopi Purnama

Setelah tadi wisata religi dan melihat pemandangan Kota Bandung di Masjid Raya Agung kemudian berbelanja di komplek Dalem Kaum, gak ada salahnya sekarang kita santai-santai sejenak sambil ngopi dan ngemil. Beberapa menit jalan kaki dari Dalem Kaum ada sebuah warung kopi yang telah berdiri sejak tahun 1930. Lokasi warung kopi ini memang berada pada distrik perekonomian yang dibangun Belanda sehingga sangat mempertahankan bangunan lama yang bernuansa tua. Warung kopi ini dapat bertahan hingga saat ini karena cita rasa khas sejak dulu. Pesan kopi susu andalan warung ini lalu nikmatilah sambil bernostalgia dengan melihat hiasan dinding warung ini.

4.Jalan Asia Afrika

Setelah selesai ngopi dan ngemil di warung kopi purnama, coba lanjut lagi jalan kaki beberapa menit menuju ke Jalan Asia Afrika. Jalan paling tua dan sangat bersejarah dalam pembentukan Kota Bandung. Tepat di tengah-tengah perlimaan, ada Tugu Dasa Sila Bandung yang pada dindingnya tergrafir nama-nama negara yang mengikuti Konfrensi Asia-Afrika. Jalan Asia Afrika semakin cantik karena pada sepanjang trotoarnya berdiri kursi-kursi taman untuk beristirahat para pejalan kaki, pot-pot bunga, bola-bola dunia, dan lampu-lampu yang didesain mirip dengan jalan-jalan di Eropa.

Ketika berkunjung ke Jalan Asia Afrika juga jangan lupa untuk melewati terowongannya. Disana ada beberapa kutipan manis tentang Kota Bandung, salah satunya adalah kutipan dari Pidi Baiq penulis novel fenomenal “Dilan”.

Itu dia beberapa tempat yang wajib kamu singgahi kalau lagi main di alun-alun Kota Bandung. Dengan berjalan kaki ketempat-tempat di atas gak akan terlalu melelahkan kok dengan cuaca sejuk khas kota Kembang ini. Suasana Kota Bandung yang khas memang kadang membuat kita kerap merindukan dan selalu ingin mengunjungi Kota ini. Benar apa yang dikatakan oleh Pidi Baiq kalau Bandung itu bukan cuma soal geografis, tapi melibatkan perasaan. Siapa dari kalian yang selalu kangen Bandung?

 

[ Oleh : Ilyas ]

Sumber Gambar :

Ilustrasi via tempat.me
Ilustrasi via 3.bp.blogspot.com
Ilustrasi via thefoodxplorer.com
Ilustrasi via kompasiana.com

LEAVE A REPLY