5 Bangunan Sekolah dari Zaman Belanda di Indonesia ini Bikin Kamu Serasa Sekolah di Belanda Gak ya?

0
5 Bangunan Sekolah dari Zaman Belanda di Indonesia ini Bikin Kamu Serasa Sekolah di Belanda Gak ya?

Selain meninggalkan kisah pilu, mengenaskan dan cerita perjuangan bangsa Indonesia. Penjajahan Belanda di Indonesia juga meninggalkan bangunan yang telah berdiri kokoh ratusan lamanya. Beberapa bangunan tersebut adalah bangunan sekolah yang dulu di gunakan untuk kegiatan ngajar-mengajar. Berikut adalah beberapa bangunan Sekolah dari zaman Belanda yang ada di Indonesia.

1.SMAN 3 dan 5

Bangunan tua ini didirikan sejak tahun 1916 oleh pemerintah Belanda yang digunakan sebagai sekolah menengah bagi bangsa Belanda dan kalangan ningrat Indonesia dengan nama Hoogere Burgerschoolte Bandoeng. Seiring bergesernya zaman dan setelah Indonesia meraih kemerdekaannya bangunan ini tetap difungsikan sebagai sekolah, hanya pada masa penjajahan Jepang saja bangunan ini pernah beralih fungsi menjadi asrama tentara Jepang. Barulah sejak tahun 1966 hingga saat ini bangunan ini digunakan sebagai kegiatan Pendidikan dari SMA Negeri 3 dan 5 Bandung.

2.SMPN 6 Yogyakarta

Sekolah yang ada di Kawasan Jetis, Yogyakarta ini merupakan bangunan peninggalan masa colonial Belanda. Dilansir dari starjogja.com bangunan ini sejak zaman Belanda digunakan untuk Holland Inlandsche School (HIS) yang merupakan sekolah kelas I untuk orang-orang Belanda. Kemudian pada masa penjajahan Jepang sekolah ini berubah menjadi Sekolah Rakyat yang merupakan sekolah tingkat dasar setara SD saat ini. Barulah pada tahun 1960 bangunan ini menjadi SMP Negeri 6 Yogyakarta seperti yang dikenal sekarang.

3.Kampus Universitas Indonesia di Salemba

Kampus ini didirikan oleh pemerintah kolonial Belanda pada tahun 1849 dengan tujuan untuk menghasilkan asisten dokter tambahan. Dulu kampus ini bernama Sekolah Ilmu Kesehatan dan Vaksin (Opleiding van elevesvoor de genees-enhelkundeen vaccine). Para lulusan kampus ini diberikan gelar Dokter Jawa oleh pemerintah Belanda karena hanya diberi izin praktik di pulau Jawa saja. Seiring bergilirnya zaman, kampus ini menambah bidang ilmu yang dipelajari seperti ilmu hukum dan terus berkembang hingga akhirnya menjadi Universitas Indonesia yang dikenal saat ini. Saat ini gedung kampus UI di Salemba hanya berisi fakultas kedokteran dan program magister beberapa bidang ilmu.

4.Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung atau ITB didirikan oleh pemerintah colonial Belanda pada tahun 1920. Pada awalnya nama kampus ini adalah Technische Hoogeschoolte Bandoeng yang merupakan perguruan Teknik pertama di Indonesia. Perguruan tinggi ini didirikan Belanda dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan tenaga teknik yang saat itu menjadi sulit akibat pecahnya Perang Dunia I. Pada zaman penjajahan Jepang, kampus ini sempat dilarang untuk melaksanakan kegiatan perkuliahan, hingga akhirnya dibuka kembali oleh mereka dengan program yang menyesuaikan kepentingan Jepang pada saat itu. Mulai sejak tahun 1959 kampus ini menjadi ITB yang dikenal seperti saat ini. Fakta menarik, presiden pertama Indonesia Soekarno meraih gelar insinyurnya di kampus ini lho guys!

Itulah dia beberapa bangunan peninggalan Belanda yang digunakan sebagai sekolah dan kegiatan pendidikan. Selain tempat mencari ilmu ternyata sekolah-sekolah tersebut menjadi saksi sejarah Indonesia. Gimana, adakah diantara kalian yang sekolah disana?

 

[Oleh:Ilyas]

Sumber Gambar :

Ilustrasi via penulispro.com
Ilustrasi via starjogja.com
Ilustrasi via mapio.net
Ilustrasi via youngster.id

LEAVE A REPLY