Spooky Banget, 5 Bangunan Belanda ini Banyak Cerita Horrornya

Spooky Banget, 5 Bangunan Belanda ini Banyak Cerita Horrornya

Kisah-kisah penjajahan Belanda yang keji dan memilukan terhadap masyarakat Indonesia menjadi kisah yang melekat bersama dengan Bangunannya yang menjadi saksi bisu sejarah. Cerita yang kelam tersebut gak jarang menjadikan suatu bangunan menjadi penuh misteri dan mencekam. Kabar burung dan kisah rakyat turun menurun menceritakan tentang keangkeran suatu bangunan peninggalan Belanda. Berikut adalah 5 kisah bangunan Belanda yang bikin bulu kuduk berdiri. Siap-siap!

 

1.Lawang Sewu

Ilustrasi Via urbanlejen.wordpress.com

Gedung di Semarang yang berdiri tahun 1904 ini dulunya merupakan kantor dari perusahaan kereta api pada zaman Hindia Belanda (Indonesia) yaitu Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappijatau NIS. Masyarakat setempat menyebutnya Lawang Sewu karena bangunannya memiliki pintu yang sangat banyak, meskipun kenyataannya, jumlah pintunya gak mencapai seribu.

Lawang sewu ini sudah menjadi legenda dengan cerita mistisnya. Berdasarkan cerita turun temurun dari warga sekitar, banyak wujud seperti kuntilanak, hantu tanpa anggota tubuh tertentu, noni belanda, hantu berwujud tentara belanda yang sering menampakan dirinya di pintu-pintu gedung tersebut. Konon hal itu terjadi karena gedung ini juga menjadi saksi bisu pertempuran dan tempat penyiksaan para tahanan perang yang ada di penjara bawah tanah gedung ini. Mistis!

 

2.Wisma Tumapel-Malang

Ilustrasi via situsbudaya.id

Pada zaman kolonial Belanda, bangunan ini merupakan Hotel Splendid milik Belanda yang mewah. Bangunan tua yang terletak di dekat Balai Kota Malang ini sudah berdiri sejak tahun 1928. Dari kisah rakyat yang beredar, di bangunan yang sekarang terbengkalai ini sering terjadi penampakan berwujud noni belanda yang sedang berjalan di lorong. hantu noni itu juga sering terlihat sedang berdiri dan duduk di depan jendela. Kalau kamu sedang berkunjung kesini jangan sampai kamu membuka-buka pintu dan membuat kebisingan, atau sesuatu yang mengerikan akan terjadi!

 

3.Benteng Fort Rotterdam

Ilustrasi via staticflickr.com

Benteng ini adalah peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo yang terletak di Kota Makassar. Orang Gowa-Makassar biasa menyebut benteng ini dengan sebutan Benteng Panyyua yang merupakan markas pasukan katak Kerajaan Gowa. Kerajaan Gowa-Tallo akhirnya menandatangani perjanjian Bungayya yang mewajibkan Kerajaan Gowa untuk menyerahkan benteng ini kepada Belanda. Oleh Belanda digunakan sebagai pusat penampungan rempah-rempah. Konon banyak terjadi pembantaian saat pertempuran untuk menaklukan benteng ini. Dari cerita yang beredar, tempat ini jadi tempat yang angker karena sering terjadi penampakan seperti peperangan dan suara teriak kesakitan seperti penyiksaan pada malam hari.

 

4.Benteng Pendem Ngawi

Ilustrasi via aishasnews.files.wordpress.com

Benteng Pendem atau Benteng Van Den Boschber diri sejak tahun 1845. Pada masa tersebut Ngawi merupakan pusat pertahanan Belanda dalam perang melawan pasukan Pangeran Diponegoro, sehingga benteng tersebut digunakan sebagai ruangan pimpinan beserta pasukan dan sebagai gudang amunisi. Di area Benteng tersebut terdapat sumur tua yang konon pada masa tersebut digunakan sebagai tempat pembuangan mayat para tahanan perang dan pekerja rodi yang tewas ketika melakukan perlawanan. Hingga kini di area tersebut terkenal horror karena sering terjadi penampakan yang sangat tidak manusiawi.

 

5.Hotel Majapahit (Surabaya)

Ilustrasi via hotel-majapahit.com

Pada 19 September 1945 tempat ini jadi saksi bisu momen bersejarah dimana pejuang kemerdekaan Indonesia merobek bendera Belanda. Perjuangan penuh tumpah darah warga Surabaya telah berhasil mengantarkan Indonesia menjadi negara yang berdaulat. Namun tidak di tempat bersejarah ini. Konon dalam Java Room sering terjadi penampakan wanita bergaun putih yang menangis tersedu-sedu. Dari cerita masyarakat yang beredar, wanita itu dibunuh oleh kolonial Belanda. Hingga sekarang bangunan ini masih menjadi hotel. Kalau kalian berkunjung ke hotel ini, jangan pesan Java Room ya…

 

[ OLEH : ILYAS ]

No comments yet. Be the first one to leave a thought.
Leave a comment

Leave a Comment