5 Tipe Dosen Pembimbing Skripsi, No 3 Bikin Lama Lulus

0
5 Tipe Dosen Pembimbing Skripsi, No 3 Bikin Lama Lulus

Sumber Gambar : Screenshoot Film 5 Cm

Masa-masa kuliah memang selalu menjadi momen yang berkesan. Salah satu yang paling berkesan adalah masa ditingkat akhir di mana kita harus ngerjain skripsi sebagai tugas akhir syarat wajib sebelum akhirnya bias di wisuda. Nyusun skripsi tuh butuh perjuangan keras, factor dosen pembimbing juga punya peran penting dalam kelancaran skripsi. Alih-alih bisa bantu kamu cepet nyelesain skripsi ada juga dosen yang bikin elus dada.

Setelah diamati berikut ada 4 tipe dosen pembimbing skripsi yang mungkin aja jadi dosen pemimbing kamu nanti.

 

1.Tipe “skripsimu berarti skripsiku juga”

Sumber Gambar : brilio.net

Kalau kamu dapat dosen pembimbing tipe ini, sudah sepantasnya kamu bersyukur. Dosen yang satu ini peduli banget sama skripsi kamu karena punya prinsip penelitian kamu itu berarti penelitian dia juga. Biasanya dosen ini memberikan masukan yang sangat dalam dan menyeluruh, mulai dari pemilihan tema, pemilihan judul bahkan pengumpulan data. Setiap pertemuan bimbingan juga selalu menambah progress yang positif. Bisa dibilang kamu itu lagi ngerjain tugas kelompok sama dosen ini. Dijamin skripsimu bisa cepat selesai, bahkan nantinya revisi yang kamu dapat juga sedikit. Kalau sampai lama sih, mending kamu introspeksi diri deh!

 

2.Tipe Perfeksionis

Sumber Gambar : Line Today

Dosen tipe ini sangat menuntut kesempurnaan dari skripsi yang kamu buat. Bukan hanya soal substansi skripsi, teknis yang detail seperti tanda baca, penggunaan table, ukuran huruf pun sangat diperhatikan oleh dosen yang satu ini. Kemungkinan besar pula kamu akan sering revisi karena dia akan sadar jika ada kekurangan sedikit pun. Walaupun demikian sebenarnya dosen ini sangat peduli dengan kamu karena dia ingin kamu menghasilkan kualitas yang terbaik sehingga menjadi lulusan yang bukan hanya sekedar lulus saja.

 

3.Tipe “makhluk astral”

Sumber Gambar : brilio.net

Sudah menjadi rahasia umum tipe dosen yang satu ini jadi bulan-bulanan keluh kesah para mahasiswa. Pasalnya dosen yang satu ini paling susah banget deh untuk bisa ditemui untuk jadwal bimbingan. Kadang sudah buat janji untuk bimbingan, eh pas sudah jadwalnya si dosen menghilang dan gabisa dihubungi, duh! Ga ada progress lagi deh. Kalau dapat tipe dosen ini sih kamu harus proaktif banget, kebayang deh kalo kamu males-malesan dikit aja, siap-siap aja ditanya “kapan wisuda?”, mana sebentar lagi lebaran..

 

4.Tipe misterius

Sumber Gambar : stkipsiliwangi.ac.id

Tipe dosen yang satu ini lumayan bikin bingung. Biasanya dosen ini tiap bimbingan Cuma tanda tangan dan bilang kamu sudah bias lanjut ke bab berikutnya, entah beneran dibaca dan diperiksa atau gak. Jarang ngasih masukan apalagi revisi, skripsimu lanjut terus seolah-olah sudah bagus. Kamu sendiri bingung mau senang atau heran. Barulah ketika sudah sampai di tahap sidang proposal atau siding akhir, ternyata skripsi kamu dibantai habis-habisan di depan penguji. Duh, jadi revisinya banyak banget deh!

 

5.Tipe Moody

Sumber Gambar : 1cak

Tipe dosen kayak gini bener-bener harus disiasati dengan cerdik. Kamu harus banyak cari tau tentang kebiasaan dan hal-hal yang harus dihindari dari dosen macam gini. Kalau dosennya cepet kesal dan bad mood, artinya kamu harus straight-to-the-point pada masalah yang akan dibahas. Tapi, kalau si dosen moodnya bagus, kamu ngobrol-ngobrol santai dulu deh supaya kalian jadi lebih deket dan dia jadi lebih care sama problems kamu.

 

Itulah beberapa tipe dosen pembimbing skripsi, ada yang jadi idaman mahasiswa ada juga yang jadi ancaman menakutkan. Pelajaran dari kesemuanya adalah komunikasi, kamu harus pintar berinteraksi interperseonal dengan dosen-dosen. Dampingi juga usaha kamu dengan banyak berdoa supaya dapat dosen pembimbing yang kamu suka. Tapi, mau siapa pun dosen pembimbing kita kuncinya ada pada tekad di diri kita sendiri. Jangan malas dan harus proaktif!

 

[ OLEH : ILYAS ]

LEAVE A REPLY